11 Tahun Bitcoin Hari Ini, Whitepaper Bitcoin Pertama Kali Dirilis

11 Tahun Bitcoin Hari Ini, Whitepaper Bitcoin Pertama Kali Dirilis

Bitcoin News
October 31, 2019 by Fara Yuniar
300
Tepat hari ini adalah pertama kali kata "Bitcoin" diperkenalkan Satoshi Nakamoto melalui makalah semi formalnya. Berawal dari Whitepaper Bitcoin inilah, kemudian whitepaper menjadi salah satu persyaratan tidak tertulis dalam proyek kripto baru.
11 Tahun Bitcoin

BitcoinMedia – 11 Tahun Bitcoin. Hari ini 31 Oktober bertepatan dengan hari pertama kali Whitepaper Bitcoin dirilis pertama kali oleh Satoshi Nakamoto. Penemu Bitcoin dengan nama pseudonym yang sampai saat ini masih menjadi misteri mempublikasikan makalah aslinya di situs Bitcoin.org.

Dari hari pertama rilis Whitepaper ini, ide tentang Bitcoin kini telah menginjak usia 11 tahun. Bagi yang belum mengetahui apa itu Whitepaper Bitcoin, adalah makalah semi formal yang menjelaskan konsep Bitcoin pertama kali. Di dalam makalah itu, menjelaskan gambaran umum bagaimana Bitcoin dirancang, dengan karakteristiknya yang sama sekali berbeda jika merujuk pada sistem pembayaran online saat itu.

Di satu sisi, penerbitan makalah semi formal tersebut menjadi pintu pendobrak bagaimana temuan-temuan baru cabang ilmu kriptografi dan juga sistem pembayaran elektronik memperbarui sistematika dalam peluncuran proyek baru.

Sebelumnya, makalah-makalah proyek sistem pembayaran elektronik berbasis kriptografi yang ada sebelum era Bitcoin belumlah bersifat formal. Namun di era Bitcoin muncul dengan hal yang baru. Meski masih menggunakan nama pseudonym, namum bentuk makalah Bitcoin itu memang bersifat semi formal. Belakangan, istilah “Whitepaper”, ini menjadi sebuah etika tersendiri dalam peluncuran sebuah proyek kripto baru.

Beberapa tahun berselang sesudahnya, banyak pengamat melihat Whitepaper Bitcoin saat itu cukup memberikan banyak perbedaan era sebelumnya. Selain dari sisi konseptual yang berbeda, dalam makalah itu Satoshi Nakamoto terkesan cukup piawai dalam memberikan gambaran keseluruhan konseptual Bitcoin hanya dalam 9 halaman. Bahkan, jika gambar dalam makalah itu dihilangkan, mungkin hanya terdiri dari 5 – 7 halaman saja.

Whitepaper Bitcoin memang ditulis Satoshi Nakamoto dengan cukup singkat. Meski demikian, makalah itu sudah mewakili secara keseluruhan tentang konsep Bitcoin.

11 Tahun Bitcoin

Di komunitas Bitcoin, sebagian besarnya melihat dari sejak pertama kali Whitepaper ini diluncurkan. Di sisi lain, ada juga yang melihatnya berdasarkan Genesis Block Bitcoin, sebagai penanda bahwa Bitcoin dijalankan pertama kali.

Menanggapi perbedaan itu, keduanya benar. Meskipun Genesis Block tetap secara de facto lebih kongrit menunjukkan secara valid dengan dimulai dengan Block 0” (block bitcoin no 0) sebagai penanda sistem Bitcoin secara keseluruhan berjalan.

Sementara ketika melihat dari rilis Whitepaper itu, juga dapat dilihat bahwa istilah “Bitcoin” itu muncul pertama kali dari publikasi makalah tersebut, bukan dari yang lainnya.

Add a comment