3 Orang BitClub Ditangkap, 1 Masih Buron

0
0
3 Orang BitClub Ditangkap

BitcoinMedia – BitClub Ditangkap. Setidaknya sudah ada tiga orang yang sudah ditangkap oleh pihak berwenang menurut rilis resmi dari Pengadilan Distrik New Jersey (10/12/19). Dalam rilis tersebut, disebutkan ada lima orang yang dituntut atas perkara penipuan berkedok cloud mining BitClub.

Kelima orang yang disebutkan adalah Mattthew Goettsche 37th dari Lafayette – Colorado, Jobadiah Weeks dari Arvada – Colorado, dan Silviu Balaci yang sudah tertangkap di Jerman. Silviu Balaci ini dianggap telah terlibat bersekongkol atas operasi penjualan sekuritas yang tidak berijin atau ilegal.

Matthew Goettsche sendiri dikabarkan sudah tertangkap di Colorado. Jobadiah Week juga disebutkan telah ditangkap di kota yang sama.

Sedangkan orang keempat yang disebutkan di rilis resmi terseut adalah Joseph Abel 49th dari Camarillo – California. Dirinya juga dituntut untuk perkara yang sama. Yakni terlibat dalam aksi menjual sekuritas ilegal. Menurut jaksa, Joseph Abel juga sudah ditangkap di Colorado, sama seperti Matthew dan juga Jobadiah Week.

Namun, dari kelima nama yang sama berasal dari Cloud Mining BitClub itu ternyata ada satu nama lagi yang sampai saat ini masih dalam tahap pengejaran, alias buron. Jaksa federal yang besangkutan dalam perkara ini masih tidak memberikan keterangan resmi siapa nama yang dimaksud, seperti yang dikutip dari NewYorkTimes (11/12/19).

Total lima orang yang dituduh pada perkara ini dianggap telah menipu investor hingga USD 722 juta. Jika dirupiahkan, nilainya mencapai Rp. 10 trilyun lebih. Total jumlah ini tentu saja cukup luar biasa. Jaksa sudah cukup terang benderang menyebut operasi yang dilakukan adalah melalui kedok cloud mining BitClub.

Menurut Jaksa, investasi yang dilakukan itu disebarluaskan melalui promosi video atau hal lainnya. Menurut Craig Carpenito, salah satu pengacara di New Jersey menyebutkan bahwa BitClub ini sudah diikuti oleh ribuan investor. Tersiar kabar, bahwa sebagian besar pentolan BitClub ini, banyak yang mendirikan cloud mining serupa, dengan nama lain. MiningCity adalah salah satunya, berdasarkan pantauan dari BehindMLM.

Cloud Mining Adalah Modus Paling Jadul

Kedok cloud mining sudah cukup lama diketahui banyak digunakan sebagai kedok untuk menipu investor awam soal dunia Bitcoin dan Cryptocurrency. Sejak beberapa tahun yang lalu, kedok cloud mining juga sudah cukup kerap memakan korban yang juga bernilai besar.

Sebut saja seperti yang pernah terjadi di HashOcean, GAW Miner, CLDmine, Bitsrapid, GainBitcoin, Coinomia, dan masih banyak lagi yang lain. Dari sekian banyak kasus tersebut, cloud mining adalah kedok yang paling kuno dan mudah untuk menggasak investor baru.

Alih-alih memberikan jasa sewa perangkat pertambangan dengan kontrak jangka waktu tertentu secara online, modus ini juga cukup menarik banyak investor awam. Iming-iming mendapat sejumlah Bitcoin per hari, jelas membuat banyak orang tergiur. Padahal, tidak begitu mudahnya dunia pertambangan Bitcoin yang sebenarnya.