Bank Sentral Perancis Ujicobakan Mata Uang Digitalnya Tahun Depan

0
0
Bank Sentral Perancis - Francois Villeroy de Galha

BitcoinMedia – Bank Sentral Perancis. Pemerintah di Perancis akan segera melakukan uji coba mata uang digital Perancis tahun 2020 mendatang. Harapannya peluncuran mata uang digital Perancis tersebut sudah rampung pada kuartal pertama tahun depan.

Gubernur Bank Sentral Perancis, Francois Villeroy de Galha mengatakan, bahwa dirinya ingin Perancis menjadi negara pertama yang telah menerbitkan mata uang digitalnya sendiri.

Meski demikian, mata uang digital yang dimaksud adalah mata uang yang khusus diterbitkan untuk operasional antar perbankan di Perancis saja. Bukan untuk digunakan oleh masyarakat umum, seperti yang dikutip dari decrypt (4/12/19).

Lebih jauh, Francois menambahkan, “Ada limit untuk jumlah transaksi yang dilakukan secara anonim, seperti yang sudah berlaku untuk pembayaran tunai elektronik di Perancis, tujuannya digunakan untuk keperluan ini,” jelasnya.

Menurutnya, penerbitan mata uang digital Perancis untuk mulai membangun euro digital. Menjamin akses pelanggan ke bbank sentral lebih mudah, mengurangi penggunaan uang tunai. Manfaat lainnya adalah memberikan efisiensi jika menggunakan euro digital.

Terlebih lagi, dalam hal settlement dan untuk operasional aktifvitas pasar yang kian efektif. Sedangkan manfaat yang cukup penting lain adalah demi menjaga kedaulatan bank sentral. Francois, saat memberikan komentar di ACPR, sempat menyinggung pula untuk bisa bersaing dengan Libra Facebook. Perlombaan menerbitkan mata uang digital nampaknya mulai kental. Bank Rakyat Tiongkok juga menggandeng Huawei untuk tujuan yang sama.