Banned Industri Pertambangan Bitcoin? Tidak Lagi di Cina

Banned Industri Pertambangan Bitcoin? Tidak Lagi di Cina

News
November 7, 2019 by Fara Yuniar
319
Lain dulu lain sekarang. Rencana untuk pelarangan industri pertambangan bitcoin di Cina berubah. Inisiatif pelarangan itu sudah dihapuskan dari Katalog Panduan Penyesuaian Struktur Industri di Cina yang baru dirilis kemarin.
Industri Pertambangan Bitcoin

BitcoinMedia – Industri Pertambangan Bitcoin. Di dalam rilis Katalog Panduan Penyesuaian Struktur Industri Cina tahun 2019, upaya untuk pelarangan industri pertambangan bitcoin dan cryptocurrency secara umum kini juga telah berubah total.

Di Cina sendiri, kebijakan terkait dengan dunia kripto sudah berputar 180 derajat berawal dari komentar Prisiden Xi Jinping akhir Oktober lalu. Khusus untuk iklim pertambangan bitcoin di Cina, sempat dibuat heboh dengan rencana untuk di blacklist.

Industr- pertambangan bitcoin yang ada di Cina hendak dilarang sejak enam bulan yang lalu. Jika di dalam draf awal, kategori industri pertambangan mata uang virtual seperti Bitcoin adalah kategori yang hendak dihilangkan. Pemerintah berupaya melarang industri pertambangan Bitcoin tersebut.

Lain dulu lain sekarang. Kenyataannya memang telah berbalik. Berdasarkan rilis resmi dari Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional di Cina (NDRC) ketegori yang hendak dihilangkan tersebut sudah dihapus. Hal ini sekaligus berarti upaya untuk pelarangan industri pertambangan Bitcoin tidak ada lagi.

Rilis tersebut telah dibuat sejak tanggal 30 Oktober lalu. Namun,  pemerintah baru merilis revisi akhir resminya kemarin (6/11/19). Katalog Panduan Penyesuaian Struktur Industri itu berfungsi sebagai panduan arah investasi, manajemen industri pemerintah. Selain itu untuk perumusan kebijakan fiskal, perpajakan, kredit, pertanahan, kebijakan impor dan juga ekspor.

Dasar pembuatan katalog panduan industri itu adalah berdasarkan dari yang pernah dirilis di tahun 2015 lalu. Penerbitan katalog panduan industri di Cina ini sudah dilakukan sejak tahun 2013. Secara resmi, panduan pemerintah untuk industri-industri di Cina akan mulai berlaku pada tanggal 1 Januari tahun 2019 mendatang.

Pada Katalog Panduan Industri resmi yang baru, mencakup 900 item di segmen manufaktur. Item di segmentasi ini adalah jumlah terbesar dari keseluruhan entri item industri, sekitar 60%. Di revisi final ini, mencakup 48 industri dengan 1.477 item.

Keseluruhan item industri itu dikelompokkan dalam tiga kategori besar. Kurang lebih ada 821 item masuk di kategori pengembangan, 215 item industri diketegorikan dilarang, dan 441 item untuk kategori yang dihapus.Nampak dari katalog panduan industri yang baru tersebut, adalah reformasi besar-besaran yang hendak dilakukan di Cina. Pasalnya, panduan resmi itu cukup berbeda dari edisi sebelum-sebelumnya. Revisi yang dilakukan kurang lebih sekitar 50%.

Add a comment