Berbasis Blockchain, dClinic Permudah Akses Informasi Kesehatan

Berbasis Blockchain, dClinic Permudah Akses Informasi Kesehatan

News
September 16, 2019 by adi
239
Penggunaan teknologi kekinian dalam dunia medis menjadi hal penting dalam penyajian informasi kesehatan untuk pasien. Di dalam platformnya, dClinic memberikan kemudahan akses informasi sensitif itu. Sehingga tidak hanya berguna untuk pasien saja, melainkan juga bermanfaat untuk penyedia layanan dalam meningkatkan pelayanan kesehatan.
Informasi Kesehatan

BitcoinMedia – Informasi Kesehatan. Informasi kesehatan dan rekam data medis merupakan hak yang harus dipenuhi kepada pasien. Hal ini juga telah diatur secara resmi berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No 69 Tahun 2014, Tentang Kewajiban Rumah Sakit dan Kewajiban Pasien.

Dalam Permenkes 69 tahun 2014 tersebut salah satunya juga telah menyebutkan bahwa pasien berhak mendapat privasi dan kerahasiaan penyakit yang diderita termasuk data medisnya. Selain itu, pasien juga berhak mendapat informasi komplit meliputi diagnosis dan tata cara tindakan medis.

Termasuk pula tindakan alternatif, resiko dan komplikasi yang bisa ditimbulkan, hingga prognosis terhadap tindakan yang dilakukan sampai dengan perkiraan biaya pengobatannya.

Sebagian besar di seluruh instasi layanan kesehatan, hal-hal itu telah terpenuhi. Sayangnya karena masih banyak yang bersifat konvensional, menjadi kelemahan tersendiri dalam memberikan pelayanan yang optimal kepada pasien.  

Beberapa kondisi yang kerap ditemui misalnya, berapa kali anda merasa frustrasi karna harus mengulang informasi kesehatan kepada setiap dokter dan spesialis?

Atau juga seperti berapa kali anda mengunjungi fasilitas medis atau dokter di luar negeri dan harus menjelaskan lagi tentang keadaanmu?

Dalam hal ini, anda mungkin dalam kondisi yang tidak dapat menjelaskan sendiri secara detail. Sehingga membutuhkan orang lain untuk bisa menjelaskan perihal itu. Hal ini selain memberatkan orang tersebut, sekaligus bisa menjadi bahaya.

Pasalnya, jika penjelasan informasi kesehatan itu dilakukan orang lain, bisa mengakibatkan kecelakaan jika terjadi kesalahan.

Kemudahan akses informasi itu akan memudahkan anda, kapan pun, dan dimanapun berada. Bagaimana jika kamu dapat mengakses informasi kesehatanmu dimana saja dan kapan saja? Maka tidak perlu lagi untuk membawa catatan yang tebalnya 100 halaman kemana-mana. Informasi kesehatan ini sebenarnya bisa diakses kapan saja dan dimana saja. Yang dibutuhkan hanyalah persetujuan anda saja.

Informasi kesehatan ini merupakan riwayat kesehatan semasa hidup anda. Jika informasi tersebut bisa anda akses kapanpun dan dimana saja, tentu akan menjadi luar biasa. Pasien bisa meminimalisir resiko terjadi kesalahan informasi atas riwayat kesehatan yang disampaikan oleh orang lain pengganti anda.

Manfaatkan Blockchain Medis, dClinic Jadi Platform Menuju Vitalitas

Platform dClinic memanfaatkan teknologi blockchain untuk medis dalam memfasilitasi penyimpanan, pengambilan, pembaruan, dan pertukaran informasi kesehatan yang aman untuk seluruh institusi di dunia. Artinya, data kesehatan yang cukup sensitif itu akan disimpan secara aman, dan terjamin setiap saat. Bahkan dapat diakses dengan persetujuan pengguna di saat dibutuhkan.

Pemanfaatan teknologi blockchain itu bisa mengurangi masalah yang terjadi, seperti pengulangan menjelaskan riwayat medis di setiap situasi baru. Disamping itu juga menjamin keamanan data.

Bagi instansi penyedia layanan kesehatan, mudahnya akses informasi kesehatan juga memungkinkan penyedia layanan kesehatan untuk merancang Rencana Vitalitas yang lebih efektif.

Dengan persetujuan pengguna, perbaruan riwayat medis terbaru, riwayat keluarga, demografi, obat-obatan, berbagai hasil tes dan statistik kesehatan lainnya bisa diakses semudah hanya melalui perangkat gadget saja.

Jika riwayat kesehatan itu bisa dihasilkan secara lebih terperinci, tim perawatan kesehatan juga menjadi lebih mudah untuk bekerja. Tidak hanya menyediakan akses informasi kesehatan, dClinic juga memudahkan tim pelayanan kesehatan untuk berkomunikasi. Penyediaan akses informasi dan komunikasi ini bisa dilakukan dengan format yang cukup sederhana agar pasien lebih mudah mengerti.

Tidak perlu lagi mengulang informasi secara manual, hal ini juga memberikan kenyamanan dan kepercayaan diri karena mengetahui data medis secara aman. Dapat mengetahui informasi terkini secara langsung, dan menjadi kunci penting dalam meminimalkan kesalahan dalam pengobatan, pemberian resep, atau kesalahan dalam penyajian informasi.

Tidak hanya bisa mengakses data kesehatan saja, karena platform dClinic menggabungkan berbagai layanan. Mulai dari perawatan kesehatan tradisional, obat-obatan, dan metrik klinis, bersama dengan layanan kesehatan dan vitalitas gratis dari spesialis dan profesional lain yang merupakan bagian dari Perjalanan Vitalitas anda.

Add a comment