Berita Kripto Mingguan, Pasar Kripto Masih Kesulitan Memperbaiki Kondisi

Berita Kripto Mingguan, Pasar Kripto Masih Kesulitan Memperbaiki Kondisi

Market News
October 7, 2019 by adi
334
Harga kripto masih belum mampu menunjukkan sinyal positif. Ketidakpastian perekomian secara global memberikan dampak kepada perilaku pasar, termasuk di segmentasi kripto. Berikut rentetan peristiwa yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir.
Berita Kripto Mingguan

BitcoinMedia – Berita Kripto Mingguan. Secara umum harga kripto pada perjalanan pekan pertama di bulan Oktober ini masih meunjukkan pelemahan. Penurunan harga yang terjadi secara signifikan sudah berlangsung sejak bulan September lalu.

Dari sekian banyak rentetan peristiwa yang terjadi, ada beberapa peristiwa kunci yang setidaknya turut memberikan sumbangsih atas naik-turunnya harga kripto. Seperti bagaimana performa Bitcoin Berjangka Fisik BAKKT di minggu pertama yang jauh dari harapan, lalu kondisi situasi demonstrasi yang khusus terjadi di Indonesia, resesi yang kian menguat, dan beberapa yang lain.

Lebih khusus, saat tulisan ini dibuat harga bitcoin masih melemah dan kembali turun sekitar 1,96 % menjadi Rp 112,5 juta per BTC. Untuk Ethereum juga senada turun 2,07 % di poin Rp. 2,450 juta per ETH. Sedangkan XRP, EOS, dan Cardano menguat tipis sementara dibandingkan dengan BCash dan Tether USDT yang cukup kontroversial.

Penurunan paling tajam di peringkat 10 papan atas kripto dan token adalah Binance Coin (BNB) sekitar 2,72%. Disusul kemudian untuk Litecoin (LTC) yang turun sekitar 2,4% menjadi Rp 786 ribu.

berita kripto mingguan

Sementara di berita kripto mingguan, ada rentetan peristiwa yang juga perlu untuk dipertimbangkan selama beberapa waktu terakhir:

Pemerintah Turki membekukan 3 juta rekening bank

Upaya ini dilakukan untuk memberikan penekanan atas kewajiban masyarakatnya dalam membayar pajak kepada pemerintah. Di Turki sendiri, cryptocurrency sudah tumbuh dan berkembang sebagai efek dari krisis dan inflasi yang tinggi.

Hal itu membuat pemerintah Turki berada dalam posisi tekanan geopolitik dan masalah keuangan yang serius. Terdapat kurang lebih 2,5 juta penduduk yang belum mampu untuk membayar hutang pajaknya. Selain itu ada kurang lebih 800 ribu perusahaan yang sudah diberikan peringatan di hari Senin ini. Jika dihitung total, lebih dari USD 26 milyar tanggungan pajak yang masih belum terbayar, dari 3,3 juta debitur pajak.

Jepang Rilis Aturan Penggunaan Kripto Untuk Donasi

Penggunaan mata uang kripto untuk donasi sudah dilegalkan di Jepang. Kementrian terkait di Jepang sudah secara resmi merilis regulasi penggunaan mata uang kripto untuk sumbangan atau donasi.

Dengan aturan resmi ini, mata uang kripto sudah bisa digunakan untuk memberikan sumbangan secara individual. Namun, penggunaan itu tidak diperuntukkan sebagai sumbangan untuk politisi. Sumbangan atau donasi kepada individual para politisi, harus dilakukan secara langsung pada organisasi politik yang menaunginya, tidak kepada personal langsung.

Bitfinex Tanggapi Gugatan Atas Manipulasi Pasar Kripto

Dua hari lalu (5/10/19), pihak Bitfinex menanggapi resmi di halaman situsnya, terkait dengan gugatan atas tuduhan manipulasi pasar dari penerbitan USDT. Bursa kripto yang berbasis di Hong Kong itu mencoba untuk melawan balik kontroversi yang selama ini banyak dianggap memberatkan pihaknya.

Bursa Kripto P2P Kuverit Dari Irlandia Berdiri

Bertambah satu lagi bursa kripto P2P dari Irlandia bernama Kuverit. Proyek ini didukung dengan token standar ERC20, KUV. Bursa ini akan mulai dilepas umum di bursa Probit pada tanggal 10 Oktober mendatang.

Split Ropsten Testnet Ethereum

Saat ini, jaringan testnet Ropsten di Ethereum terbagi dalam dua jaringan berbeda. Munculnya jaringan baru di Ropsten Testnet ini mulai berjalan pada block 6.529.280 hari Minggu kemarin. Sedangkan block berbeda di jaringan lain mulai muncul pada block 6.508.554.

Banyak kalangan menilai terjadinya split jaringan testent Ropsten di Ethereum ini tidak akan memberikan dampak yang signifikan, namun tetap saja meninggalkan potensi celah keamanan besar yang bisa saja terjadi.

Kembali, hal ini menimbulkan konflik diantara para pengembang Ethereum, bahkan juga melibatkan para penambang.

Endorser Token John McAfee Luncurkan Bursa Token Terdesentralisasi

Nama John McAfee sebelumnya banyak dikenal sebagai endorser, atau tokoh yang mempromosikan proyek-proyek ICO segala token yang banyak diluncurkan.

Belakangan, dia kembali muncl dan meluncurkan bursa token yang diklaim merupakan bursa token terdesentralisasi. Bursa yang diluncurkan hari ini (7/10/19) adalah bernama McAfeedex. Dirinya menyebut bursa ini mampu mengakomodir perdagangan 500 token. Saat diluncurkan, sudah ada 11,743 pengguna yang mendaftarkan diri di bursa itu.

Anggota Kongres AS Minta The Fed Terbitkan Dolar Digital

Sheila Bair, mantan pimpinan FDIC meminta agar The Fed untuk menerbitkan mata uang dolar digital pada kesempatan hearing bertajuk “Facilitating Faster Payment di AS” yang digelar 25 September silam.

Mendukung upayanya  itu, Sheila Bair juga meminta kepada Senator Cortez Masto untuk menyuarakan hal yang sama saat dirinya memberikan testimoni. Tidak hanya itu, The Fed sendiri sudah dikirim surat dari Bill Foster, bersama dengan AI Task Force, Blockchain Caucus, dan juga French Hill tentang hal senada.

Permintaan untuk menerbitkan mata uang digital itu dianggap sebagai langkah menindaklanjuti potensi krisis keuangan global yang menjadi perhatian utama banyak kalangan di dunia, terutama di AS sendiri.

Blair juga merinci tentang peran Clearing House yang disebut dengan istilah “TCH” sebagai sektor privat untuk menangani sistem riil payment tersebut. TCH ini dalam usulan Bair akan menangani 12 bank terbesar di AS.

Paypal Mundur Dari Asosiasi Libra Facebook

Belum juga dirilis, makin berat langkah Libra Facebook menghadapi rentetan aral tajam yang harus dihadapi. Regulasi yang makin sulit untuk melancarkan operasinya, ditambah lagi keputusan Paypal baru-baru ini yang mundur dari Asosiasi Libra.

Mundurnya Paypal juga membuka potensi besar perusahaan-perusahaan besar lain seperti VISA dan Mastercard.

Salah Satu Mining Farm Besar Bitcoin di Cina Terbakar

Mining Farm Bitcoin yang mengalami naas ini adalah milik Innasilicon, salah satu produsen ASIC Miner. Tidak tanggung-tanggung, perkiraan total kerugian akibat kebakaran yang terjadi pada hari Senin (30/9/19) itu mencapai USD 10 juta.

Aset Jutaan Dolar Algo Capital Lenyap

Pablo Yablo, CTO Algo Capital kehilangan jutaan dolar dalam bentuk USDT lantaran ponsel pintarnya telah diretas. Akhibatnya, kurang lebih USD 1-2 juta yang tersimpan di Hot Wallet Algo pada ponselnya berhasil disikat.

Berniat bertanggung jawab atas insiden yang terjadi, Pablo Yablo menyatakan untuk siap menanggung seluruh kerugian atas insiden yang terjadi.

Keinginan Apple Untuk Bikin Kripto Sendiri

CEO Apple, Tim Cook mencoba tertarik untuk membuat kripto sendiri. Hal ini diungkapkan saat memberikan komentarnya di sebuah majalah keuangan di Perancis, Les Echos (5/10/19). Meski tertarik untuk menerbitkan mata uang kripto sendiri, Tim Cook menyatakan tidak nyaman dengan bentuk mata uang kripto yang dibuat atas sekelompok perusahaan swasta belaka.

Pernyataan Tim itu berdasar dengan melihat apa yang terjadi pada proyek Libra Facebook. Tim sendiri nampak tidak suka dengan proyek besutan Facebook itu. Gejala yang signifikan, menurut Tim, bahwa perusahaan-perusahaan teknologi yang ada sudah banyak yang mengakomodir Bitcoin dan beberapa varian Altcoin lain.

Dalam hal ini, rival Apple adalah seperti Samsung, ataupun juga Twitter dengan Squarenya yang telah lebih dulu memasuki segmen kripto.

Add a comment