Bitcoin Core Terbaru Versi 0.19.1 Dirilis, Ini Bedanya?

Bitcoin Core Terbaru Versi 0.19.1 Dirilis, Ini Bedanya?

Bitcoin
November 26, 2019 by adi
356
Hanya terpaut 3 bulan dari rilis terakhirnya, kini bitcoin core terbaru versi 0.19.1 dirilis. Di versi baru ini mulai menggunakan standar address bech32.
Bitcoin Core Terbaru Versi 0.19.1

BitcoinMedia – Bitcoin Core Terbaru. Setelah rilis versi 0.18.0 pada tanggal 2 Mei 2019 lalu, dan versi 0.18.1, kini baru saja Bitcoin Core terbaru versi 0.19.1 juga telah dirilis. Jika dilihat tanggal rilis dari yang versi sebelumnya, hanya terpaut 3 bulan saja.

Di versi Bitcoin Core 0.18.1 dirilis pada tanggal 9 Agustus lalu. Terpaut 3 bulan dari versi sebelumnya, 0.8.0. Bisa dibilang, pengembang Bitcoin cukup aktif membuat pembaruan dan pengembangan untuk ekosistem Bitcoin.

Pada versi yang baru, Bitcoin Core 0.19.1 ini membawa cukup banyak perubahan. Perubahan yang paling besar adalah tentang penggunaan Address Bech32 sebagai address standar di wallet Bitcoin Core. Beberapa perubahan lain, adalah menambahkan 3 RPC (Remote Procedure Call) baru, yakni getbalances, setwalletflag, dan getblockfilter.

Penambahan 3 fungsi RPC baru itu untuk memberikan keleluasaan lebih pada pemilik node. Sedangkan puluhan RPC yang telah ada sebelumnya juga telah diperbarui. Sedangkan ada pula beberapa RPC lain yang dianggap tidak lagi berguna dihapus untuk efisiensi. Di sisi lain, ada penghapusan BIP70 di versi terbaru.

BIP 70 ini sebelumnya digunakan untuk meningkatkan pengalaman pengguna saat melakukan transaksi pembayaran. Sayangnya, BIP 70 ini justru tidak banyak memberikan dampak yang signifikan. Opsi di versi Bitcoin Core terbaru, BIP 70 ini diputuskan untuk dihapus.

Apa itu Address Bech32?

Address Bech32 adalah address Bitcoin yang berfungsi sama seperti address Bitcoin secara umum. Namun address Bech32 adalah format address Bitcoin untuk address Segwit. Format address yang sudah support untuk Segwit ini berdasarkan format address dalam BIP 0173.

Pada address bech32, lebih spesifik digunakan untuk output witness Segwit. Penanda yang bisa digunakan untuk membedakan, pada address bech32 diawali dengan “bc1”. Penggunaan standar address Segwit dengan bech32 ini memberikan banyak manfaat.

Salah satu manfaat terbesarnya, ketika transaksi tersebut diproses menggunakan transaksi segwit, maka biaya transaksi juga dapat ditekan. Manfaat lainnya, bech32 ini memberikan ukuran display QR Code yang lebih kecil.

Dengan ukuran QR Code yang lebih kecil, diharapkan mampu dijangkau oleh berbagai device apapun. Selain itu, address dengan bench32 mampu meminimalisir kesalahan yang mungkin dapat terjadi. Misalnya karena kesalahan tulis, sehingga memberikan opsi perlindungan yang lebih baik kepada pengguna.

Menambahkan Protokol PSBT

Protokol PSBT (Partially Signed Bitcoin Transactions) ini adalah protokol yang digunakan untuk meningkatkan kinerja transaksi multisig. Transaksi Multisig ini dapat digunakan jika ada banyak pihak yang terlibat dalam transaksi tersebut. Selanjutnya, transaksi akan dapat diproses, jika seluruh pihak terkait dalam transaksi itu telah membubuhkan tanda tangan digitalnya (digital signature).

Dengan multisig ini, script transaksi bitcoin dapat dipergunakan untuk berbagai kebutuhan, seperti Green Address, Escrow service, maupun transaksi micropayment seperti dalam Lightning Network. Sejak Bitcoin Core Versi 0.19.1 ini dirilis, dalam waktu tidak lama sudah ada sekitar 35% node yang telah memperbarui piranti lunaknya. Jika dilihat dari sekian banyak perubahan yang ada di versi terbaru ini, pengembangan Bitcoin lebih banyak terarah untuk meningkatkan adopsi massal Segwit. Dalam banyak hal, adopsi massal Segwit memang akan menjadi pondasi sekian banyak pengembangan lainnya. Terutama dalam menangani masalah privasi yang lebih baik.

Add a comment