BlackBerry Gunakan Blockchain Untuk Rekam Medis

Blackberry gunakan blokchain untuk pengamanan data kesehatan pasien di platformnya. Pemanfaatan teknologi blockchain dan EoT (Enterprise of Things) tersebut dilakukan dengan menjalin kemitraan bersama ONEBIO.

0
18
BlackBerry Gunakan Blockchain Untuk Rekam Medis

Platform baru Blackberry gunakan blockchain untuk melindungi data pasien melalui Enterprise of Things (EoT). Produk Blackberry tersebut adalah BlackBerry Spark. Khusus untuk penggunaan teknologi itu, Blackberry sudah menjalin kemitraan dengan ONEBIO.

ONEBIO ini adalah salah satu perusahaan teknologi yang mengembangkan ekosistem berbasis blockchain. Rekam medis data perawatan pasien tersebut dapat dibagikan melalui peran EoT, dan selanjutnya dapat disimpan dengan lebih aman menggunakan teknologi blockchain.

Dalam press rilis yang dipublikasikan di PRNewswire kemarin (4/10/18), CEO BlackBerry John Chen mengatakan:

“Kami menerapkan keahlian kami dalah hal keamanan, privasi data, dan komunikasi dalam industri seperti otomotif, jasa keuangan, dan pemerintah untuk mengatasi tantangan besar dalam industri pelayanan kesehatan. Memanfaatkan output akhir perawatan kesehatan untuk meningkatkan data pasien dengan memastikan keamanan dan privasi data”.

Kemitraan yang dijallin dengan ONEBIO adalah untuk menyediakan ruang penyimpanan data dan sistem transfer data rekam medis. ONEBIO dalam hal ini menyediakan sistem teknologi yang disebutt dengan “Ultra-secure sotrage” untuk penyimpanan data, dan juga “NOC” untuk sharing rekam medis yang juga berbasis blockchain.

Nantinya melalui platform BlackBerry tersebut, data Rekam medis tersebut dapat dimasukkan melalui pasien maupun pihak laboratorium ataupun melalui perangkat biometrik berbasis IoT. Data itu selanjutnya diubah secara anonim sehingga dapat dibagikan untuk para peneliti.

Terkait dengan produk barunya berbasis blockchain, pihak BlackBerry juga sudah menawarkan ke pihak Global Commission bersama dengan Shire, salah satu perusahaan biotek terkemuka. Kabarnya Global Commission ini juga akan berupaya mengeksplorasi pemanfaatan blockchain dari produk BlackBerry ini. Terutama dengan manfaat untk mempersingkat waktu proses diagnosis untuk pasien.

Lebih khusus untuk mendekati segmen pelayanan medis, BlackBerry juga telah meluncurkan OS baru dengan dukungan khusus untuk dunia medis dengan QNX OS for Medical 2.0. OS baru ini mampu menyajikan data secara riil time yang berguna untuk monitoring pasien, untuk instrumen bedah robotik, pompa infus, analisis darah dan produk kesehatan lain.