Ebook Bitcoin Pertama Dari Indonesia Di Tahun 2014

Ebook dengan judul "Bitcoin Uang Masa Depan" di tahun 2014 ini menjadi ebook bitcoin pertama dari Indonesia. Bisa dilihat dari ebook ini, dialektika dan pemahaman Bitcoin yang masih banyak kesalahpahaman.

0
33
Ebook Bitcoin

BitcoinMedia – Ebook Bitcoin. Di tahun 2014, sudah muncul ebook bitcoin pertama dari Indonesia yang ditulis oleh Tubagus Dhika Khameswara dan Wido Hidayatullah. Penulis ebook berjudul “Bitcoin Uang Masa Depan” ini berasal dari Jurusan Human Computer Interaction di Universitas Surya untuk tugas mata kuliah Teknologi dan Masyarakat.

Bitcoin memiliki keunggulan tersendiri lantaran piranti lunaknya bersifat open source.  Tidak hanya mendapat dukungan pengembang dari seluruh dunia, namun juga literatur yang sudah tersedia di berbagai ragam bahasa apapun di dunia.

Mulai dari dalam bentuk buku, jurnal, hasil penelitian, artikel, ataupun dokumentasi lainnya. Ebook di tahun 2014 ini adalah salah satu diantaranya. Dari tulisan yang ada di ebook ini, dapat diketahui bagaimana dinamika dan dialektika tentang Bitcoin dan Cryptocurrency di Indonesia.

Ebook yang dituliskan mahasiswa Universitas Surya ini adalah bersifat pengetahuan mendasar saja, tentang Bitcoin. Mulai pehamahan apa itu Bitcoin, fungsi mekanisme pertambangan kripto Bitcoin, hingga menjelaskan singkat tentang varian Altcoin yang sudah bermunculan sejak saat itu.

Pada ebook ini juga menerangkan penjelasan klasik relasi antara Bitcoin dan Cryptocurrency dengan institusi seperti OJK dan Bank Indonesia, beserta persinggungan dengan ranah regulasinya. Satu kritik tentang pemahaman dan dialektika terkait Bitcoin di ebook ini, adalah ketika menyebut poin bahwa Bitcoin “Mudah Dicuri”, dan juga poin “mudah lenyap”.

Pada poin “mudah dicuri” itu, disebut sebagai salah satu kekurangan Bitcoin dari contoh kasus yang terjadi di “Sheep Marketplace”. Padahal, dari sekian banyak insiden yang terjadi, seluruh kasus pencurian bitcoin terjadi di bursa-bursa kripto, atau penyedia layanan pihak ketiga lainnya, bukan Bitcoin.

Sementara di poin “mudah lenyap”, adalah personifikasi dari fluktuasi harga yang terjadi dengan berdasarkan pada kurs antara Bitcoin dengan USD. Bitcoin memang bersifat fluktuatif, lantaran bitcoin sudah diperdagangkan di bursa-bursa kripto. Namun nilai bitcoin tidak akan mudah lenyap hanya karena ulah spekulan di pasar itu.

Sedangkan disisi lainnya, juga membahas tentang hal klasik yang memandang Bitcoin banyak digunakan untuk tindak pencucian uang, deep web, dan juga insiden Silk Road. Dalam beberapa tahun terakhir, sudah banyak hasil riset yang membuktikan berbeda.Dalam hal ini, dapat kita lihat bahwa dalam memahami Bitcoin di Indonesia sejak saat itu juga sudah banyak kesalahpahaman. Sedangkan, dari ebook ini juga banyak di kutip di berbagai jurnal, makalah, atau yang lainnya.