FakeToshi Dikritik Wikileaks Karena Memalsukan Banyak Hal

Berawal karena menyatakan Bitcoin selalu pro-pemerintah, Wikileaks mengkritik tajam Craig Wright. Wikileaks juga memverifikasi kebenaran dari sekian banyak dokumen yang membuktikan kepalsuan Craig Wright selama ini.

0
40
FakeToshi

Wikileaks memberikan kritik pedas untuk Craig Wright karena memberikan sudah memberikan sekian banyak dokumen palsu atas klaimnya sebagai Satoshi Nakamoto. Diposting beberapa melalui akun Twitter resminya sejak kemarin, Wikileaks sembari menunjukkan dokumen yang dipalsukan oleh Craigh Wright.

Entah mengapa Craig begitu berapi-api untuk terus melakukan hal tersebut. Padahal bagi komunitas Bitcoin dan dunia kripto, klaim Craig Wright sendiiri sudah banyak diketahui palsu belaka. Craig Wright pun mendapat julukan khusus atas klaim palsunya tersebut, yakni “FakeToshi”.

Dalam posting pertamanya, Wikileaks menyebut Craig Wright (FakeToshi) sebagai “Serial fabricator” yang mengklaim sebagai penemu Bitcoin. Hal itu lantaran beberapa saat sebelumnya, FakeToshi dalam posting di medium menyebut bahwa dirinya sebagai Satoshi Nakamoto, dan menyatakan bahwa Bitcoin selalu “pro pemerintah”.

Tentu saja itu kemudian mengundang reaksi dari banyak pihak, termasuk juga Wikileaks. Oleh Wikileaks, Craig Wright hanya mencoba melarikan diri saja dari tuntutan pengadilan atas kasus yang menimpa dirinya sejauh ini.

Tak lama kemudian, Wikileaks memposting kembali dengan menunjukkan serial kebohongan yang dilakukan oleh FakeToshi. Salah satu dokumen yang ditunjukkan oleh Wikileaks adalah screenshot posting blog yang diedit oleh Craig Wright.

Tidak hanya itu, Wikileaks juga memberikan halaman khusus terkait bukti-bukti kongkrit kepalsuan klaim Craig Wright. Halaman tersebut merujuk pada sebuah halaman di Github dengan judul “Cult of Craigh”. Di dalam halaman itu, sudah cukup detail rincian kebohongan yang telah dilakukan selama ini, beserta bukti-bukti kongkrit yang ada.

Dalam bukti-bukti yang ada di halaman Github itu, FakeToshi telah memalsukan banyak hal, seperti blog post, memalsukan PGP keys, email, posting-postingan yang menipu, dan memalsukan juga penandatangan public key saat pertama kali ia memberikan klaim sebagai Satoshi.

dokumen palsu
Posting Blog yang dipalsukan oleh FakeToshi

Pemalsuan penandatanganan tersebut adalah hal paling vital sebagai puncak kebohongan FakeToshi atas klaimnya. Penandatangan publik key milik Satoshi adalah salah satu cara yang termudah untuk memberikan bukti kongkrit. Tanpa itu, jelaslah klaim itu hanyalah palsu belaka.

Sejumlah tokoh-tokoh di dunia kripto pun memberikan pernyataan yang menilai Craig penuh kepalsuan. Misalnya saja seperti Nik Cubrilovic, Peter Rizun, Charlie Lee, Paul Sztorc dan masih banyak lainnya. Bahkan, Ibu Craig Wright sendiri menilainya sebagai pembohong, seperti yang ditulis oleh Andrew O’Hagan di London Review of Books dengan judul “The Satoshi Affair“.