Raksasa sepakbola Spanyol, FC Barcelona dalam waktu dekat bakal meluncurkan FTO, Fans Token Offering. Rencana tersebut Menyusul kerjasama yang sudah diteken oleh pihak raksasa sepakbola Spanyol itu dengan Chiliz (CHZ) dan juga Socios.com.

Dalam siaran pers yang dipublikasikan hari ini, FC Barcelona nantinya akan meluncurkan Token Fan Barca ($ BAR). Token itu nantinya dipergunakan sebagai media interaksi antara pihak manajemen klub dengan para penggemar di seluruh dunia.

Proyek-proyek FTO atau Fans Token Offering sebelumnya sudah cukup kerap muncul di sepanjang tahun 2018. Beberapa klub yang sudah mengambil inisiatif serupa seperti FC Juventus, maupun juga PSG. Kebanyakan, FTO untuk klub sepakbola dunia ini juga ditukangi oleh Socios.com.

Dalam beberapa waktu, proyek-proyek FTO kemudian sempat tidak banyak terdengar kembali. Menyusul mulai banyak juga proyek ICO yang mulai tenggelam. Namun nampaknya dari kabar baru niatan peluncuran FTO FC Barcelona ini, menandakan mulai bersemi kembali. Terlebih pasar kripto saat ini memang dalam performa yang meningkat.

Selain kemitraan dengan Socios, peluncuran FTO Barcelona ini juga menggandeng Chiliz (CHZ). Platform ini memang lebih menyasar industri olah raga dengan spesifikasi untuk interaksi fans dan tim atau klub idola mereka. Kapitalisasi Chiliz juga tidak bisa dianggap enteng, Nilainya sudah mencapai USD 83 juta dalam 24 jam terakhir.

Josep Pont, dari dewan di FC Barcelona menyatakan cukup senang dengan kesepakatan yang telah terjalin. Menurutnya, langkah itu akan memberikan dampak pemasaran yang lebih inovatif dan memberikan ikatan lebih dekat dengan para penggemar.

Kesepakatan ini merupakan bagian dari tujuan FC Barcelona, terkait dengan merek-merek top yang bisa membantu dalam konsolidasi strategi komersil dan digital. Dengan arus pengembangan baru, memungkinkan kami menjadi kekuatan yang tangguh. Baik di dalam maupun di luar lapangan sepakbola.

Josep Pont

Kabarnya, penjualan resmi FTO FC Barcelona ini akan diluncurkan resmi para kuartal ke dua tahun 2020 ini. Proses penjualan melalui FTO FC Barcelona nantinya akan dilakukan langsung melalui Socios.com. Harga yang dipatok untuk token $ BAR senilai 2 Euro.Atau sekitar Rp 29.707,- per 1 token $ BAR. Jumlah token yang dibuatt seluruhnya adalah 40 juta token $ BAR. Pembelian juga bisa dilakukan dari Chiliz.net menggunakan mata uang kripto Chiliz (CHZ).