Harga Bitcoin Terjun Bebas, Top 100 Kripto Memerah Lagi

Harga Bitcoin kembali turun tajam sejak 14 November 2018. Tidak hanya bitcoin, sebagian besar kripto lain maupun token juga memerah kembali.

0
26
Harga Bitcoin Terjun Bebas

Harga bitcoin dan hampir 50 top cryptocurrency maupun token hari ini masih terjun bebas. Tidak hanya turun harga, namun kapitalisasi pasar bitcoin juga turun hingga dibawah USD 100 milyar. Penuruan angka kapitalisasi pasar Bitcoin ini terjadi pertama kalinya di tahun 2018 ini.

Kapitalisasi pasar bitcoin mengalami penurunan tajam terakhir pernah terjadi pada tanggal 29 Oktober lalu. Namun kali ini penurunannya justru dibawah USD 100 milyar. Penurunan harga bitcoin ini nampak berimplikasi pada hampir sebagian besar cryptocurrency atau token lainnya.

Saat tulisan ini dibuat, harga bitcoin masih terpuruk di harga USD 5.508 per BTC. Harga itu berkisar kurang lebih 80,7 juta per BTC di kurs rupiah saat ini. Di beberapa bursa kripto di Indonesia, harga bitcoin masih berkisar sekitar 82 -83 juta per BTC.

Penurunan harga kripto di posisi 10 teratas pasar kripto sebagian besar turun diatas 10 persen. Saat tulisan ini dibuat, harga Bitcoin masih turun hingga 12,33%. Diikuti kemudian oleh Ethereum yang turun lebih banyak hingga 12,56%. Posisi ketiga untuk kripto para bankir (Aka XRP) yang turun 9,02%. Bcash dan EOS turun 7,52% dan 12,85%.

Banyak pihak yang mulai mencari penyebab penurunan hebat untuk pasar kripto ini. Sebagian besar banyak yang menilai sebagai implikasi atas adanya drama kolosal tentang hardfork hasil kloning BCash, yang kemudian di kloning kembali menjadi Bcash ABC.

Kontrak Bitcoin Berjangka CBOE Berakhir

Agenda tersebut banyak dianggap membuat orang ingin mencoba peruntungan untuk mencari keuntungan dan menjual Bitcoin dengan cepat. Sementara disisi lain, ada beberapa agenda yang setidaknya mempunyai implikasi juga, seperti penutupan kontrak bitcoin berjangka CBOE pada tanggal 14 November kemarin.

Penutupan kontrak bitcoin berjangka di CBOE, nampak sudah mulai dipahami dengan penurunan harga Bitcoin. Pada penutupan Bitcoin berjangka yang pertama di bulan Januari 2018 lalu misalnya, ditutup dengan penurunan harga bitcoin hingga menyentuh harga USD 10.000 per BTC.

Dan hal tersebut terjadi kembali saat ini. Selain itu, disinyalir ada penjualan besar-besaran yang terjadi tepat pata tanggal 13 November sebesar 5.565 BTC yang dipindahkan. Belum lagi ada kurang lebih 20.223 BTC yang pindah pada tanggal 12 November.