Jam Tangan Bitcoin Termahal, Ada 2.422,9 BTC Setara 264 Milyar Rupiah

0
0
jam tangan bitcoin

BitcoinMedia. Sudah ada muncul banyak produsen jam tangan Bitcoin bermunculan dengan harga yang cukup fantastis. Namun salah satu jam tangan Bitcoin bikinan dari Franck Muller ini adalah yang termahal di dunia.

Jam tangan bikinan Franck Muller yang satu ini menjadi yang termahal lantaran di dalamnya terdapat 2.422,9735 BTC. Nilainya sekitar USD 17 juta. Jika di kurs rupiah dengan harga Bitcoin saat tulisan ini dibuat, total nilai Bitcoin di jam tangan tersebut sebesar Rp. 264 milyar lebih.

Jam tangan Bitcoin yang diberi nama “Encrypto” ini sebenarnya sudah diunggah melalui akun SuperCar Blonde di Facebook (1/12/19). Sebenarnya jam tangan dari Franck Muller yang dijual ke pasaran dari harga sekitar USD 9.800 hingga USD 50.600.

Namun karena jam tangan dalam tayangan di SuperCar Blondie saat itu berisikan BTC senilai USD 17 juta, maka jam tangan itu menjadi jam tangan yang termahal di dunia. Anda tentu bisa membayangkan sensasinya jika membawa jam tangan dengan nilai sebesar itu di jalanan.

Jam tangan dari Franck Muller
Jam tangan Bitcoin dari Franck Muller

Seluruh jenis jam tangan tersebut bisa dibeli dengan Bitcoin. Pada jam tangan tersebut dilengkapi dengan Address BTC berbentuk QR Code. Pengguna tentu bisa dengan mudah untuk scanning QR Code tersebut jika diperlukan.

Tidak hanya itu, jam tangan itu juga dilengkapi dengan public key (baca: address BTC) yang dicetak di plat logam dengan ukuran seperti sebuah kartu kredit. Pengguna dilengkapi dengan hardware wallet untuk menyimpan private key berbentuk usb kecil.

Cold wallet yang berbentuk USB kecil itu disebut menggunakan “deterministic TRNGs” (True Random Numbers Generated). Singkat katanya, deterministic TRNGs itu memiliki kapabilitas tingkat keamanan yang lebih kuat. Proses generated key yang dilakukan secara offline.

Sebelumnya sudah cukup bermunculan jam tangan mewah. Misalnya saja seperti bikinan Hublot dari Swiss. Saat memperingati ulang tahun Whitepaper Bitcoin ke 11, Hublot meluncurkan edisi khusus yang diberi nama “Big Bang Blockchain”. Jumlah yang dibuat sengaja dibatasi sebanyak 210 unit. Total jumlah tersebut merujuk pada total jumlah Bitcoin yang sebesar 21 juta BTC.

Selain jam tangan mewah, salah seorang pengguna Bitcoin dengan nama akun Twitter @BitcoinCandle membuat sebuah smartwatch unik. Menjadi unik karena smartwatch bikinannya tersebut dipermak sedemikian rupa dan sudah bisa dipergunakan menjadi Lightning Smartwatch. Artinya dengan jam tangan pintarnya itu, sudah bisa digunakan untuk mengirim dan menerima Bitcoin menggunakan Lightning Network. Bedanya, jika jam tangan mewah seperti Encrypto maupun bikinan Hublot dijual komersil, Lightning Smartwatch tidak untuk dijual.