Kevin McCarthy, Jangan Harapkan Pemerintah Dalam Lindungi Privasi

Kevin McCarthy, Jangan Harapkan Pemerintah Dalam Lindungi Privasi

News
July 16, 2019 by adi
224
Politisi partai Republik AS, Kevin McCarthy menuliskan pendapatnya tentang perlindungan privasi di NewYorkTimes. Menurutnya, perlindungan privasi itu tidak bisa hanya mengandalkan peran pemerintah saja. Alasannya, pemerintah selalu lamban dalam merespon perkembangan teknologi.
Kevin McCarthy

Pimpinan Minoritas Dewan Perwakilan AS, Kevin McCarthy buka suara terkait dengan perlindungan data pengguna. Menurutnya, jangan hanya mengandalkan Pemerintah AS untuk bisa melindungi privasi anda. Komentar ini dituliskan Kevin McCarthy di kolom NewYorkTimes dua hari lalu (14/7/19).

Di dalam tulisan McCarthy menyoroti bagaimana perusahaan teknologi besar dan sosial media seperti Google maupun Facebook dalam menangani perlindungan privasi penggunanya. Asumsi yang dikemukakan cukup rasional.

Menurut politisi dari Parti Republik AS ini pihak regulator selalu terkesan lamban untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang melaju begitu cepat. Sementara di satu sisi, perusahaan teknologi besar seperti Facebook maupun Google berpotensi dalam menghimpun, dan mengeksploitasi data pribadi pengguna. Bahkan berpotensi pula untuk menjual data pribadi tersebut.

Pada opini yang ditulisakannya itu, Kevin McCarthy juga memberikan sebuah contoh regulasi yang melindungi privasi rekam medis pasien. Hukuman untuk membaca pesan orang lain juga sudah dianggap kejahatan federal. Hukumannya bisa mencapai lima tahun penjara.

Oleh sebab itu anggapan politisi yang langsung menolak anggaran Presiden Trump untuk membangun tembok besar saat pertama dilantik di Dewan AS ini menyebut tidak bisa hanya mengandalkan peran pemerintah saja.

Alternatif yang ditawarkan menurut McCarthy adalah dengan mencari pengganti sebagai penggerak utama di pasar bebas. Hal itu menyangkut bagaimana alternatif persaingan teknologi di pasar bebas bisa merespon masalah privasi.

Jaringan Cryptocurrency Terdesentralisasi Sebagai Inovasi Perlindungan Privasi

Salah satu alternatif solusi yang disebut Kevin McCarthy adalah pemanfaatan jaringan cryptocurrency terdesentralisasi. Dengan bergantung pada teknologi blockchain dengan tipologi jaringan yang terdesentralisasi, jejak rekam data itu tidak akan dihimpun entitas terpusat manapun.

Hal itu dianggap McCarthy sebagai solusi yang terbaik. Sebab data pribadi pengguna tidak akan bergantung lagi pada pihak ketiga, ataupun layanan perusahaan teknologi besar apapun.

Jika dibandingkan dengan solusi lain seperti campur tangan pemerintah dari beberapa politisi yang muncul adalah berupaya memecah perusahaan teknologi besar menjadi entitas kecil. Solusi seperti itu tidak dianggap sebagai jalan yang baik. Menurutnya, cara itu justru akan efektif melindungi pemilik perusahaan besar saja. Sedangkan resikonya justru akan menutup peluang perusahaan yang lebih kecil.

Sebaliknya, dengan solusi pemanfaatan teknologi blockchain akan mampu menangani keamanan data. Bahkan dengan privasi yang lebih kuat untuk para pengguna. Belum lagi, sifat kebanyakan jaringan cryptocurrency adalah open source.

Dengan demikian, komunitasnya akan lebih mudah dalam mengembangkan jaringan baru. Persaingan semacam itu dianggap McCarthy akan lebih mendorong iklim yang lebih kompetitif.

Seruan Untuk Kongres AS

Dalam mendukung pemanfaatan teknologi terkini untuk perlindungan data pribadi, Kongres AS punya peran penting untuk menyusun aturan main yang lebih memadai. Ia menyebut karena ketidakjelasan aturan itu akan membuat perusahaan besar yang masuk ke segmen tersebut menjadi terkesan menakutkan.Sedangkan khusus untuk perusahaan-perusahaan teknologi besar yang telah beberapa kali melakukan pelanggaran, patut dicermati lebih lanjut. Pengawasan menyeluruh oleh pemerintah Federal itu disebut McCarthy tidak boleh keliru menjadi penindasan.

Add a comment