P2P Gateway Ramp Network Dapat Lisensi Perbankan Eropa

Layanan P2P Gateway untuk fiat ke mata uang kripto dari Ramp Network mendapat lisensi dari otoritas keuangan Polandia.

0
51

Perijinan P2P Gateway untuk mata uang fiat ke kripto dari Ramp Network ini sudah berlangsung sejak 13 bulan lamanya. Namun pada akhirnya perbankan Eropa memberikan lisensi tersebut untuk Ramp Network.

Di publikasikan melalui Medium, lisensi yang telah dikantongi pihak Ramp berasal dari Otoritas Keuangan Polandia (KNF), dengan lisensi sepenuhnya untuk Account Information Service Provider (AISP).  Layanan dari P2P Gateway Ramp Network, memungkinkan proses transaksi dari fiat ke mata uang kripto berjalan lebih cepat di seluruh Uni Eropa.

Memperoleh lisensi itu, artinya Ramp Network dapat mengakses data perbankan atas nama pemilik rekening bank di Uni Eropa. Pihak perbankan, diwajibkan memberikan akses data pembayaran pengguna yang telah memberikan data informasi pembayarannya itu.

Proses tersebut didukung dengan koneksi API bank. Ramp lantas memproses penyelesaian akhir transaksi melalui API itu. Meski demikian, layanan Ramp masih hanya tersedia di UK. Kabarnya, dalam waktu dekat menyebar ke seluruh Eropa.

Setidaknya ada dua komponen utama dari Ramp Network. Yakni Ramp Instan dan Ramp Pool. Keduanya dapat berfungsi lintas operasional antar bursa kripto yang menyediakan likuiditas pengguna. API yang telah dipersiapkan memproses transaksi sampai akhir.

Ramp Network adalah startup yang berbasis di Warsawa, Polandia. Startup yang satu ini dengan layanan P2P gateway, beroperasi sebagai pasar berbasis peer-to-peer. Menghubungkan bursa kripto sebagai penjualnya, dan menyediakan likuiditas bagi para pembeli kripto.

CEO Ramp Network, Szymon Spyniewicz mengatakan, ”Menciptakan penghubung secara resmi, antara perbankan yang bersifat tertutup dengan jaringan terbuka adalah penting untuk adopsi web3 dan DeFi dalam jangka panjang,” sebutnya.

P2P gateway yang memberikan jembatan pada layanan perbankan yang bersifat tertutup mungkin menjadi inisiatif cemerlang. Tentu saja mendapatkan lisensi untuk segmentasi layanan ini tidaklah mudah. Secara umum, Ramp Network berupaya menjadi jembatan sistem keuangan tradisional dengan protokol terdistribusi dan terbuka.