Parodi Bitcoin VS Bcash Dalam Visualisasi Transaksi

Situs visualisasi transaksi ini cukup unik. Di situs ini, visualisasi transaksinya digambarkan dengan icon bergambar laju mobil yang masing-masingnya memiliki perbedaan kecepatan. Situs visualisasi transaksi tersebut dibuat sebagai parodi Bitcoin VS BCash.

0
27
Parodi Bitcoin VS Bcash

BitcoinMedia – Parodi Bitcoin VS Bcash. Ada-ada saja, mungkin itu akan menjadi kesan pertama yang didapat ketika melihat parodi Bitcoin VS BCash dalam situs visualisasi transaksi antara BTC dan salah satu kloningannya bernama BCash (aka Bitcoin Cash).

Situs parodi ini bernama TX Highway Cash. Tidak ada niatan serius, hanya sebagai sebuah visualisasi transaksi saja dari request data blockchain yang bersifat sama seperti halnya sebuah block explorer secara umum. Hanya saja, di situs ini membuat visualisasi transaksi yang membandingkan antara Bitcoin dengan BCash.

Visualisasi ini pun, bersifat hanya parodi saja. Bagaimana tidak, pengembang dibelakangnya sengaja membuat icon-icon khusus dengan gambar kendaraan mobil kecil, hingga berukuran besar. Masing-masing mobil tersebut, sesuai dengan ukuran besar mobilnya mewakili besaran nilai transaksi yang dilakukan.

Situs parodi visualisasi transaksi antara Bitcoin VS BCash.

Sementara kecepatan yang ada, juga mewakili kecepatan transaksi antara keduanya. Bitcoin, diwakili dengan client Bitcoin Core. Pada Bitcoin ini, terletak di bagian atas sendiri. Terdiri dari tiga jalur yang masing-masing memiliki tingkat kecepatan berbeda.

Jalur pertama Bitcoin adalah untuk jalur transaksi yang menggunakan Segwit, dan ukuran blocknya bisa lebih dari 1 megabyte. Jalur kedua adalah untuk transaksi secara reguler (non-segwit), dengan ukuran block standar (lebih kecil dari 1 Megabyte).

Jalur terakhir, adalah jalur Lightning Network, yang berperan sebagai lapis jaringan kedua Bitcoin untuk transaksi micropayment. Kecepatan transaksi inipun digambarkan jauh lebih cepat dari keseluruhan yang ada.

Di kolom kedua, adalah untuk perbandingan transaksi BCash (Bitcoin Cash). Bagi orang yang tidak banyak mengikuti perkembangan dunia kripto mungkin tidak akan mengerti apa yang dimaksudkan dari situs ini.

BCash, adalah hasil forking (baca: kloningan) baru jaringan Bitcoin yang asli. Hasil kloning ini kemudian terpisah dalam satu jaringan tersendiri, dan menjadi sebuah varian altcoin baru. Kesamaan nama dari kloningan baru ini kemudian memunculkan dua sekat besar di komunitas kripto. BCash, bukanlah Bitcoin, melainkan hanyalah hasil kloningan saja. Oleh sebab itu, komunitas Bitcoin lebih suka menyebut dengan nama BCash ketimbang menyebutnya Bitcoin Cash.

Dalam visualisasi itu, BCash dibagi menjadi beberapa jalur. Hal itu lantaran ukuran block yang ada bisa lebih besar sampai 28 megabyte lebih. Namun jika dilihat di visualisasi itu sendiri, nampaknya inisiatif menggunakan block yang jauh lebih besar tidak pernah ada gunanya. Sebaliknya, ukuran block yang lebih besar justru menimbulkan potensi celah keamanan tersendiri. Di parodi Bitcoin vs BCash sendiri, celah-celah keamanan itu nampak digambarkan dengan adanya lobang-lobang di masing-masing jalur.