Rencana Upgrade Ethereum 2.0, Bagaimana Kabar Sekarang?

Tidak jadi hardfork di bulan Januari, namun tetap yakin hardfork untuk rencana upgrade Ethereum 2.0 dilaksanakan di tahun 2020. Biaya jaminan untuk penambang ketika berganti menjadi PoS sebesar 32 ETH.

0
48
Rencana Upgrage Ethereum 2.0

Pengembang ethereum masih cukup yakin bahwa rencana upgrade Ethereum 2.0 dapat berlangsung di tahun 2020 ini. Namun semestinya, rencana itu sebenarnya sudah dijadwalkan pada bulan Januari yang lalu.

Walapun mundur dari rencana awal, namun pengembang ethereum menyebut masih cukup yakin 95%. Melalui forum AMA di Reddit dua hari lalu (5/2/2020), rencana hardfork untuk upgrade Ethereum 2.0 itu disebut tetap berlangsung di tahun ini.

Pada kesempatan itu, diikuti juga oleh pendiri Ethereum, Vitalik Buterin bersama dengan Danny Ryan dan Justin Drake. Alasan yang diungkapkan tidak di bulan Januari lalu adalah karena klien belum optimal di jaringan testnet. Menurut pengembang di AMA itu, rencana hardfork untuk Serenity nantinya setidaknya ada tiga klien yang bisa secara konsisten terkoneksi di tesnet dalam rentang waktu delapan minggu.

Rencana hardfork ethereum mendatang adalah untuk implementasi Serenity. Nama keren yang banyak digaungkan kemudian disebut dengan peluncuran Ethereum 2.0. Mungkin ini dijadikan sebuah simbol upgrade jaringan baru di Ethereum.

Poin paling penting pada rencana itu adalah dengan mengubah konsensus dari Proof of Work menjadi Proof of Stake. Planning untuk perubahan konsensus tersebut memang sudah diproyeksikan sejak pertama kali ethereum diluncurkan tahun 2015 silam.

Tidak ada kabar pasti kapan pada akhirnya rencana hardfork Serenity dengan slogan Ethereum 2.0 tersebut. Sempat tersiar kabar, bisa jadi momentum yang coba digunakan bertepatan dengan hari jadi Ethereum (ETH) di tanggal 30 Juli 2020 nanti. Pada tanggal itu, bertepatan dengan lima tahun Ethereum.

Dengan PoS nantinya, miner setidaknya membutuhkan sekitar 32 ETH yang dipergunakan sebagai penjamin untuk menjadi penambang. Sejak awal pun, sudah banyak kritik dengan rencana perubahan tersebut. Terlebih agenda hardfork di Ethereum sudah terjadi berkali-kali.

Pada rentang waktu dari pertama dirilis tahun 2015 sampai 2016 saja, Ethereum sudah 7 kali melalui proses hardfrok. Empat diantaranya sesuai dengan roadmap, dan 3 yang lain diluar roadmap. Lalu di tahun 2019 kemarin, kurang lebih ada sekitar beberapa kali hardfork kembali.

Mulai dari hardfork untuk Constantinople dan Petersburg Hardfork yang direncanakan pada sekitar bulan Februari sampai Oktober 2019. Belakangan, Constantinople ternyata sudah dilakukan di akhir bulan April 2019. Hingga berlanjut dengan hardfork Istambul di rencana awalnya di pertengahan bulan Oktober, mundur dan akhirnya berjalan di bulan Desember 2019. Jika dihitung keseluruhan, paling tidak sudah lebih dari 10 kali proses hardfork dilakukan.