Salah Satu Bursa Kripto Di Kanada Diretas, Semua Aset Lenyap

Salah Satu Bursa Kripto Di Kanada Diretas, Semua Aset Lenyap

News
October 29, 2018 by adi
619
Salah satu bursa kripto di Kanada, MapleChange, dikabarkan telah diretas. Peretasan yang dialami Bursa kripto tersebut mengakibatkan seluruh aset yang tersimpan lenyap. Melalui ciutan akun resminya, MapleChange menyatakan tidak bisa memberikan ganti rugi.
Salah Satu Bursa Kripto Di Kanada Diretas, Semua Aset Lenyap

Peretasan bursa kripto kembali terjadi. Kali ini yang menjadi sasaran adalah salah satu bursa kripto di Kanada, bernama MapleChange. Bursa kripto MapleChange ini adalah salah satu bursa kripto yang ada di Kanada.

MapleChange, bursa yang berbasis di Alberta, Kanada ini menyatakan sepenuhnya offline melalui ciutan akun resminya beberapa hari lalu. Alasannya, bursa tersebut telah menjadi sasaran peretasan yang mengkibatkan seluruh aset yang telah disimpan lenyap.

Di dalam ciutannya, bursa tersebut mengatakan bahwa ada bug yang membuat beberapa orang dapat menarik seluruh dana dari bursa itu. Kabarnya, situasi yang serupa itu sempat terjadi seperti yang dialami MTGox saat itu.

Perbedaannya, pihak administrator MTGox saat itu menarik dana ketika menyadari ada permasalahan serius ketika mengetahui adanya upaya peretasan. Penarikan tersebut sengaja dilakukan untuk mengamankan aset. Sedangkan yang terjadi di bursa MapleChange tidak demikian.

Pasca upaya pemberitahuan adanya peretasan, pihak MapleChange sempat menutup akun twitter mereka satu jam sebelumnya. Indikasi semacam ini dipandang sebagai sebuah upaya penipuan yang dilakukan oleh pihak MapleChange sendiri.

Salah satu alasannya, modus peretasan bursa kripto selama ini memang telah banyak digunakan. Situs Bursa kripto MapleChange terdaftar di GoDaddy dengan nama registran Flavius P. Modus untuk membuat alasan telah diretas, sudah banyak diyakini pengguna sebagai salah satu modus tindakan yang identik dengan upaya scam dan penipuan.

Terlebih lagi, beberapa saat sebelumnya MapleChange sempat berupaya menutup akun sosial twitternya. Hal itu menyebabkan ribuan pengguna bursa itu tidak bisa mempertanyakan lebih detail apa yang akan terjadi dengan seluruh aset mereka.

Namun kemudian beberapa waktu setelahnya, pihak MapleChange kembali mengaktifkan kembali akun media sosial twitternya. Pada tanggal 27 Oktober sebelumnya, MapleChange sempat menginformasikan adanya perbaikan. Namun sejak 28 Oktober, pihaknya kembali mengumumkan bahwa situsnya telah diretas.

Sebelumnya, pihak MapleChange menyatakan tidak bisa untuk memberikan ganti rugi untuk aset BTC dan LTC sedikitpun. Namun kemudian pihaknya mencoba dan berusaha untuk mencari jalan keluar agar bisa meberikan ganti rugi kepada pengguna. Sampai saat ini, domain situs MapleChange dari GoDaddy tersebut berstatus domain parking.

Add a comment