Samourai Wallet Buka Beckend Publik Dengan Samourai Dojo

Samourai Wallet Buka Beckend Publik Dengan Samourai Dojo

News
June 3, 2019 by adi
200
Pengembang wallet Bitcoin, Samourai, merilis Samourai Dojo. Pada Samourai Dojo ini merupakan sebuah piranti lunak beckend dari Samourai. Dengan rilis ini, pengguna bahkan dapat melihat publik secara keseluruhan infrastrukturnya.
Samourai Wallet Buka Beckend Publik Dengan Samourai Dojo

Sebelumnya, ada cukup banyak yang menaruh curiga dengan pengembangan wallet Bitcoin dari Samourai Wallet. Padahal aplikasi wallet yang dibangun memang benar-benar diperuntukkan bagi pengguna Bitcoin.

Menanggapi tudingan miring tersebut, pihak pengembang Samourai Wallet akhirnya merilis Samourai Dojo kemarin (02/5/19). Rilis Samourai Dojo tersebut tidak lain berfungsi agar publik dapat melihat sendiri bagaimana back end Samaourai Wallet.

Melalui konfirmasi singkat via Telegram, pengembang Samourai Wallet membenarkan hal itu ketika ditanyai tentang latar belakang rilis Samourai Dojo tersebut.

Jika umumnya untuk memberikan transparansi dapat dilakukan dengan merilis source code, Samourai Dojo bahkan sudah memberikan detail Backend yang digunakan. Agar pengguna secara umum bahkan dapat melakukan monitoring, bahwa pihak Samourai berlaku sesuai dengan sebagaimana mestinya.

Privasi Tinggi Dengan Samourai Wallet

Samourai Wallet adalah salah satu varian wallet Bitcoin di platform mobile. Sejak awal mulai dibangun, Samourai wallet memang berupaya untuk bisa memberikan privasi lebih untuk para pengguna Bitcoin. Motivasi inilah yang kian mendorong pengembangan lebih terkait dengan peningkatan keamanan pengguna.

desain beckend

Hanya dengan satu aplikasi wallet ini, pengguna Bitcoin sudah mendapat fitur keamanan yang cukup terkait bagaimana menangani aset digital Bitcoin dengan aman. Mulai dari fitur Stonewall, lalu ditingkatkan dengan versi Stonewall2x, UTXO Tagging, Whirlpool, PayNym yang berfungsi sebagai penambat nama alias untuk pemilik, Ricochet, masih banyak hal lainnya.

Secara umum, pengembang Samourai memang berupaya mendukung penuh ekosistem Bitcoin menjadi lebih baik, terutama dengan meningkatkan sisi keamanan pengguna. Pengembang Samourai Wallet bahkan juga sudah lama telah support dengan Segwit untuk pada platform mereka.

Samourai Dojo

Saat dirilis Samourai Dojo, memberikan kenyamanan lebih pada pengguna, karena dengan dibuka publik beckend ini, artinya pengguna bisa menjalankan Samourai Wallet secara penuh, tidak lagi berjalan melalui server pengembang Samourai wallet.

Disamping itu, Samourai Dojo juga akan meningkatkan keamanan untuk pengguna. Ketika pengguna memilih untuk menjalankan server sendiri dengan node di Samourai Dojo ini, artinya pengguna memegang akses penuh atas wallet tersebut.

Lebih detail bagaimana proses instalasi Dojo, dapat dipelajari dengan mudah pada tautan repository Github Samourai Dojo.

Beberapa pengembangan lain yang ditambahkan, adalah dengan menggunakan fungsi Coinjoin denggan merilis Stonewall2x di Samourai. CoinJoin ini merupakan sebuah metode mixing transaksi agar transaksi pengguna lebih sulit untuk bisa dilacak. Ketika pengguna bertransaksi dengan fitur Stonewall2x, maka artinya dalam transaksi itu, akan digabungkan dengan beberapa transaksi pengguna lain secara bersamaan.

Add a comment