Satuan Mili Satoshi Pada Lightning Network Bitcoin

0
0
Satuan Mili Satoshi Pada Lightning Network Bitcoin

Satuan Bitcoin memang jauh berbeda dengan satuan unit mata uang lain. Hal itu karena ada 8 digit yang digunakan di dalam Bitcoin. Saat Lightning Network Bitcoin mulai aktif digunakan, kemampuannya yang secara khusus untuk memproses transaksi micropayment dibutuhkan satuan yang lebih kecil dari 1 Satoshi.

Secara umum, pada Lightning Network ini menggunakan satuan Mili Satoshi atau yang kerap disingkat dengan (msat). Satuan Mili Satoshi ini pada dasarnya setara dengan 1/1000 Satoshi.

1 Mili Satoshi = 0,001 Satoshi

Satoshi disini umumnya dikenal sebagai satuan terkecil untuk bitcoin (BTC). Seperti yang disinggung tadi, bahwa transaksi yang dilakukan menggunakan Lightning Network dapat dilakukan menggunakan satuan unit-unit yang terkecil. Tentu saja selama channel transaksi itu masih terbuka, atau belum ditutup.

Begitupun juga dengan biaya transaksi Lightning Network yang memang jauh lebih murah. Biayanya bahkan saat itu terlalu kecil untuk dituliskan dalam satuan “Satoshi”. Oleh sebab itu, satuan Mili Satoshi kemudian dipergunakan secara khusus sebagai satuan unit pada Lightning Network Bitcoin. Kita dapat lihat bagaimana docs tentang satuan tersebut di git LND berikut:

Semua pembayran di dalam jaringan Lightning Network yang menggunakan Hashed Timelock Contract (HTLC), juga menggunakan satuan Mili Satoshi tersebut. Mengapa demikian? Jelas, karena transaksi dengan satuan Mili Satoshi ini tidak dapat dikirimkan pada jaringan mainnet asli Bitcoin.

Sehingga sebelum transaksi-transaksi itu disiarkan pada Blockchain Bitcoin, selanjutnya satuan Mili Satoshi itu dibulatkan ke dalam satuan yang paling mendekati dari satuan Satoshi (sat).