Spekulan, Ini 7 Cara untuk Mengurangi Stres

Spekulan, Ini 7 Cara untuk Mengurangi Stres

Komunitas
October 21, 2019 by adi
357
Pola dan gaya hidup spekulan cenderung tidak memperhatikan kesehatan. Kurang tidur, karena bedagang tiap malam memperhatikan harga di bursa-bursa kripto, dapat meningkatkan stress. Pola seperti ini perlu diminimalisir.
Mengurangi Stress

BItcoinMedia – Mengurangi Stress. Bagi seorang spekulan, dunia kripto sudah ikut menyumbang potensi merubah pola dan gaya hidup. Sayangnya potensi merubah gaya hidup itu adalah hal yang dirasa cukup negatif.

MIsalnya sampai saja tidur larut malam hanya untuk melihat perubahan harga di bursa-bursa kripto, sehingga kurang istirahat. Karena pola istirahat yang kurang, membuat tubuh jadi tidak bisa berolahraga secara teratur.

Dalam hal ini, pola hidup seperti itu bukanlah hal yang baik untuk kesehatan. Spekulan adalah contoh yang buruk lantaran tidak bisa menangani rutinitas kesehariannya dengan baik. Padahal, mengurangi stress cukup baik untuk kesehatan. Platform blockchain medis dClinic, punya tips terkait dengan dunia kesehatan. Beberapa hal di bawah ini adalah cara bagaimana para spekulan perlu untuk mengurangi stress untuk menjaga kesehatan.

1. Berolahraga secara teratur

Berolahraga secara teratur diperlukan agar kondisi kesehatan tetap terjaga dan dalam kondisi yang baik. Menjaga tubuh tetap bergerak, meningkatkan denyut jantung agar darah terdistribusi dan paru-paru bekerja untuk mendorong oksigen ke dalam aliran darah.  Olahraga teratur menciptakan endorfin yang membantu agar bisa merasa lebih baik. Memiliki tubuh yang fit serta pikiran yang jernih dan fokus, dapat membuat kita merasa sehat dan lebih bertenaga.

2. Menyatu dengan Alam

Baik itu berjalan di sepanjang pantai, mendaki, berjalan-jalan diantara rerumputan atau mendaki gunung, piknik di area perkebunan, situasi di alam terbuka secara langsung membantu menyatukan tubuh, pikiran, dan jiwa dan mengurangi tingkat stres.

Mendengarkan suara-suara di sekitar alam yang ada juga membantu kembali ke momen saat ini, dan bernapas dalam-dalam agar merasa lebih rileks. Sebagai manfaat tambahan, kita juga bisa sepatu dan bersentuhan langsung dengan alam. Dengan bersentuhan langsung di alam, membuat kita terhubung dengan alam sambil duduk dan berefleksi. Ilmu pengetahuan telah lama menunjukkan bahwa menyatu dengan alam sangat bermanfaat untuk membantu mengurangi stres dan peradangan pada tubuh. 

3. Yoga, Meditasi, atau Pemusatan Pikiran

Tubuh kita adalah ibaratnya sebagai rumah ibadah dan perantara pesan yang dapat menunjukkan apa yang terjadi di dalam diri kita sendiri. Yoga memungkinkan agar kita tetap memperhatikan tubuh. Ketika kita coba meregangkan badan dan bernapas, terasa seperti menahan ketegangan.

Peregangan dan pelancaran aliran energi melalui tubuh dapat membantu melepaskan stres dan ketegangan ini. Sehingga bisa meningkatkan konsentrasi dan fokus. Tidak hanya itu, juga meningkatkan kualitas tidur, serta memperkuat dan mengencangkan otot.

Ada banyak manfaat lainnya dari yoga untuk kesehatan dan kesejahteraan pikiran dan tubuh, baik untuk hari ini ataupun hari berikutnya, akan terasa perbedaannya. Latihan mindfulness atau mediasi yoga secara rutin membantu keseimbangan pikiran dan tubuh. Sadar akan masa “sekarang” dapat mengurangi stres dan kecemasan karena semua hal akan berlalu. Memiliki pikiran yang tenang juga memungkinkan setiap petunjuk untuk menurunkan ketegangan. Selain itu, latihan mindfulness dan meditasi secara teratur juga menambah energi dan vitalitas, serta produktivitas yang lebih baik di rumah dan maupun di tempat kerja.

4. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup, sangat penting untuk membantu mengurangi stres. Meluangkan waktu agar bisa menyesuaikan jadwal sehingga kamu bisa mengatur waktu istirahat yang tepat. Penyesuaian waktu ini tentu akan berbeda antara satu orang dengan orang lainnya.

Namun setiap orang perlu untuk memperhatikan kebutuhan tubuhnya dan melakukan apa yang diperlukan tubuhnya. Mengurangi waktu bermain gadget dan tekanan kehidupan sehari-hari sangat penting untuk pemulihan tubuh. Istirahat yang cukup juga dapat membantu meningkatkan daya ingat dan membantu mempertahankan sistem kekebalan tubuh. Selain itu juga dengan istirahat yang cukup dan teratur juga membantu meningkatkan produktivitas. Ketika tubuh terbangun, tubuh juga kembali lebih segar, sehingga bisa lebih maksimal dalam beraktivitas.

5. Luangkan Waktu Untuk Hobi

Ketika kita melakukan kegiatan yang benar-benar kita nikmati, sebenarnya telah mengisi ulang energi kita. Sebagian besar dari kita memiliki banyak tugas untuk dilakukan sehari-hari dan dalam satu keadaan menjadi monoton atau tidak menginspirasi seperti seharusnya, hal ini dapat menguras energi kita dan membuat jadi tidak termotivasi.

Tapi, kalau kita bisa memprioritaskan waktu untuk melakukan hal yang kamu sukai, hobi yang memungkinkan kamu untuk mengeksplorasi passion, hidup terasa lebih baik. Tingkat stres juga akan menurun dalam waktu singkat. Sebagai tips tambahan, jika tidak banyak memiliki waktu luang, bisa dengan cara meluangkan beberapa waktu untuk memikirkan tentang kegiatan favoritnya, hal ini juga bisa mempengaruhi level energi kita.

6. Luangkan Quality Time Bersama Teman

Berusaha menjalin hubungan dengan teman kadang terasa lebih sulit ketika sedang stres, capek dan letih. Tetapi hasil penelitian menunjukkan bahwa berbagi tawa, tangisan, bersama rekan atau teman sebenarnya dapat membantu menurunkan kadar hormon stres kortisol dan meningkatkan kebahagiaan.

Mengetahui ada seseorang yang mendukung, kita merasa tidak lagi sendirian dapat meningkatkan perasaan yang lebih berharga. Penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa suasana hati yang baik akan menular jika bergaul dengan teman-teman yang bahagia serta meningkatkan level energinya.

7. Belajar untuk berkata “TIDAK”

Salah satu hal yang paling sulit dikatakan adalah “tidak” tapi tidak mengatakan ini dapat menyebabkan stres, tidak menghargai diri sendiri dan letih. Kita ingin selalu ada untuk orang lain, dan kita ingin orang lain berpikir baik tentang kita, kalau ini bukan yang terbaik bagi kita, hal itu dapat merusak kesejahteraan kita sendiri. Maka kita tidak baik untuk apa pun atau siapa pun!Ketika kita berada dalam situasi ini, nilai, dengar, dan lakukan. Nilai apa yang ditanyakan dan bagaimana pengaruhnya terhadap kamu dan orang lain. Dengarkan tubuh kamu dan panduan, kemudian bertindaklah dengan memberikan respons yang selaras dengan apa yang tepat untuk kesehatan dan kesejahteraanmu terlebih dahulu.

Add a comment