Tool Trading Bitcoin Baru, Data Analitik Bitcoin Dari ScalpexIndex

0
1
Tool Trading Bitcoin

BitcoinMedia – Trading Bitcoin. Menganalisa kondisi pasar kripto utama Bitcoin, tentu saja bukanlah perkara yang mudah. Meski bagi banyak orang atau pengguna yang sudah cukup banyak berkecimpung di dunia Bitcoin, alternatif untuk “HODL” atau menyimpan selalu menjadi jalan yang terbaik.

Sebagian besarnya lagi, memiliki dan menyimpan saja dianggap tidaklah cukup. Terutama bagi karakter para spekulan. Dalam istilah dunia trading, umumnya disebut “scalper”. Spekulan ataupun juga scalper, berupaya untuk menuai keuntungan dari perdagangan dalam jangka waktu yang relatif pendek. Instrumen yang umumnya banyak dipakai melalui bursa-bursa kripto konvensional.

Keinginan memperoleh keuntungan dalam tempo waktu yang relatif pendek inilah kemudian perdagangan bitcoin mulai sedikit banyak mirip seperti halnya forex dan lain-lain. Sementara bagi orang kebanyakan, menganalisis pergerakan harga mungkin menjadi perkara yang tidak biasa.

Terlebih, untuk entitas perdagangan Bitcoin dengan segala hal yang melingkupinya. Kebutuhan untuk mengetahui ekosistem Bitcoin, kemampuan membaca charting, mempelajari anomo pasar seperti melihat tren google, agenda-agenda krusial yang dipandang mempengaruhi perilaku pasar, dan lain-lainnya.

Tool set Trading Bitcoin berupa analitik dari ScalpexIndex

Namun kini spekulan bakal dipermudah. Ada tool Trading Bitcoin baru bernama ScalpexIndex. Tool dari ScalpexIndex ini merupakan sekumpulan tool set analitik Bitcoin. Hasil analitik di ScalpexIndex tentu saja tidak dapat mutlak mampu membaca pergerakan harga secara valid, namun setidaknya dengan mengetahui beberapa hal variabel himpunan data yang telah ada, bisa dijadikan sebagai salah satu pertimbangan.

Tool Trading Bitcoin ScalpexIndex

Tool trading Bitcoin berupa analitik ini menggunakan analisis berbasis Artificial Intelligence (AI). Di dalamnya terdapat sekian banyak barometer yang bisa dijadikan pegangan untuk membuat analisis pasar Bitcoin.

Mulai dari Indeks sosial, Indeks Ketakutan dan Keserakahan perilaku pasar, Market Order Flow, atensi pasar, Walls atau jumlah order jual atau beli dengan jumlah besar, order tersembunyi serta alarm likuidasi, dan masih banyak lainnya.

Secara singkat, tool trading Bitcoin dari ScalpexIndex mungkin bisa menjawab lebih banyak variabel yang mesti diketahui dalam membaca dan menganalisis pasar Bitcoin. Terutama bagi para spekulan. Mari kita lihat lebih jauh fitur-fiturnya.

Chart Bitcoin

chart Bitcoin
Chart Bitcoin di ScalpexIndex

Data analitik untuk perdagangan, tentu saja tidaklah lengkap tanpa ada “chart”. Di tool set ini juga sudah dilengkapi dengan chart Bitcoin yang dapat digunakan untuk melihat pergerakan harga dan menganalisis kondisi pasar.

Social Index

Index Sosial ini merupakan indeks untuk pembacaan ekosistem sosial Bitcoin. Memperhatikan index sosial bisa dijadikan sebagai pertimbangan untuk melihat atensi dan perilaku pasar saat itu. Sehingga, keputusan saat melakukan perdagangan Bitcoin bisa dilakukan menjadi lebih berdasar.

Indeks Sosial
Social Index – Jarum Semakin ke kiri berarti anomo pasar semakin berkurang, sebaliknya semakin ke kanan (hijau) atensi pasarnya semakin besar.

Salah satu contoh untuk melihat variabel indeks sosial lain yang bisa digunakan adalah melihat tren mesin pencarian Google terkait dengan Bitcoin. Hal lainnya bisa pula dengan mengamati berbagai situs, forum, sosial media yang berkaitan dengan opini, pendapat, ataupun analisis tentang bitcoin.

Namun, untuk dapat mengumpulkan sekian banyak hal itu jelas bakal menambah tingkat kerumitan tersendiri. Dengan tool set ini, variabel untuk fitur indeks sosial mungkin sudah dapat digunakan sebagai salah satu pertimbangan yang baik.

Fear & Greed Index

Fear & Greed Index
Fear & Greed Index

Indeks ketakutan atau keragu-raguan pasar dan tingkat ketamakan ini menggunakan hasil analisis terhadap indeks sosial. Fungsinya untuk menangkap secara keseluruhan reaksi pasarnya. Dengan melihat indeks ini, pertimbangan dalam trading Bitcoin menjadi lebih berdasar.

Market Order Flow

Order Flow Index
Order Flow Index

Fitur alur order pasar ini adalah digunakan untuk mengetahui rasio pembelian dengan penjualan di pasar Bitcoin.

Open Interest

Open Interest ini adalah posisi total jumlah kontrak yang belum dilikuidasi di akhir perdagangan. Sederhananya adalah bahwa Open Interest ini menggambarkan total jumlah posisi “long” untuk “buy” atau beli, dan juga “short” pada “sell” atau jual.

Riwayat Open Interest

Perubahan Grafik Open Interest dapat terjadi setiap kali, tepatnya setiap kali lelang harga telah selesai. Sehingga perubahan itu akan terjadi dalam 3 cara. Yakni naik, turun, atau tetap.

Wall Detector

Fitur Wall Detector adalah pemantau transaksi jual ataupun beli dengan kapasitas perdagangan yang bernilai besar. Istilah Wall ini memang diibaratkan seperti sebuah dinding besar jika ternyata diketahui ada pesanan terbuka baik jual atau beli dengan nilai yang besar.

Wall Detector
Wall Detector

Ketika ada order yang bernilai besar, maka diibaratkan pasar dalam beberapa waktu ke depan seakan menabrak dinding tinggi.

Identifikasi Hidden Order

event log
Event Log untuk mengetahui adanya hidden Order wall

Fitur yang satu ini cukup menarik, karena tool trading Bitcoin dari ScalpexIndex memiliki fungsi untuk mengindentifikasai order yang tersembunyi. Spekulan juga akan mendapatkan notifikasi yang muncul jika ada hidden order tersebut. Sehingga bisa digunakan sebagai salah satu pertimbangan juga.

Peringatan Likuidasi

ScalpexIndex juga memiliki monitoring likuidasi untuk spekulan. Dengan notifikasi yang terkait dengan likuidasi ini, memberikan ruang untuk para pedagang untuk menentukan langkah selanjutnya, berdasarkan situasi saat itu.

Catatan Penting

Tool Trading Bitcoin berupa data analitik dari ScalpexIndex hanyalah bersifat sebagai salah satu pertimbangan semata. Dalam kaitan dengan dunia trading Bitcoin, pertimbangan-pertimbangan ini bisa digunakan untuk memberikan tambahan pengetahuan untuk memahami situasi pasar.

Untuk melihat langsung dan mulai menganalisis pasar Bitcoin, dapat mengunjungi Halaman Resmi ScalpexIndex.