Bagaimana Pola DPOS DDKOIN Bisa Bekerja?

Bagaimana Pola DPOS DDKOIN Bisa Bekerja?

Altcoin
May 29, 2019 by adi
1242
DDKoin menggunakan DPOS di dalam platformnya. Delegasi khusus tersebut bertindak sebagai delegasi yang ditunjuk melalui proses voting sebagai penjaga jaringan, serta memverifikasi transaksi.
DPOS DDKOIN

Platform DDKoin dikembangkan menggunakan pola konsensus DPOS dalam mekanisme distribusi unit-unit kriptonya. DPOS sendiri adalah varian tersendiri dari POS (Proof of Stakes) yang dilakukan secara khusus oleh para delegasi.

Hal ini berarti, para delegasi itulah yang bertindak sebagai penjaga jaringan didalam ekosistemnya, melalui ekosistem pertambangan. Namun yang perlu digaris bawahi dalam hal ini, proses penjagaan jaringan dalam ekosistem pertambangan itu tidaklah dibutuhkan sumber energi yang besar, seperti yang umum untuk varian kripto dengan konsensus POW (Proof of work).

Menggunakan DPOS, atau delegasi khusus di dalam DDKoin ini dapat dilakukan menggunakan sistem pemungutan suara (Voting). Proses voting oleh pengguna ini, digunakan sebagai mekanisme untuk menunjuk siapa-saja yang akan dipilih menjadi peserta delegasi khusus.

Singkat kata, para delegasi yang terpilih, akan menjadi para penjaga gawang keamanan jaringan, memverifikasi block baru yang valid, dan sekaligus menjadi saksi dalam proses itu.

Pertanyaan yang mungkin akan muncul, dengan cara apa voting itu bisa dilakukan? Secara umum, proses voting ini dilakukan dengan menggunakan sejumlah unit-unit cash atau unit kriptonya. Selanjutnya, dari proses voting itu, stakeholder, atau pengguna secara umum di platform DDKoin akan menciptakan siklus yang berkesinambungan, dalam proses distribusi unit-unitnya.

Alur Cara Kerja DDKoin

alur dpos ddkoin

Kalau melihat dari gambar diatas, seluruh pengguna di platform DDKoin akan terdiri dari dua bagian utama. Yakni Stakeholder secara umum, dan juga para delegasi khusus. Maka para delegasi khusus tersebut juga merupakan bagian dari stakeholder juga.

Yang menjadi pembeda, Stakeholder yang juga berperan menjadi delegasi, memiliki peran lebih jauh untuk memverifikasi validitas transaksi. Sedangkan stakeholder berperan dalam mendukung proses itu melalui proses voting yang dilakukan.

Sedangkan untuk stakeholder sendiri, perlu memberikan voting sebanyak 24 kali. Proses itu diperlukan sebagai syarat untuk melengkapi prosedur kontrak stakingnya. Maka, dengan cara itu, stake holder saat memberikan voting, pada dasarnya adalah membuat kontrak staking. Sehingga akan ada imbalan keuntungan dari proses tersebut nantinya.

Sementara untuk para delegasi, memerlukan biaya sebesar 10 DDKoin sebagai syarat untuk bisa menjadi delegasi. Selain itu, delegasi juga menyiapkan instalasi node sendiri. Artinya, delegasi itu menyiapkan server sendiri untuk node mereka, agar bisa terhubung di jaringan utama DDKoin.

Sebagai imbalan atas partisipasinya, delegasi ini tentu saja akan mendapatkan reward dari setiap transaksi pengguna yang telah divalidasi di dalam jaringan.

Add a comment