Sejarah Bitcoin, Begini Perjalanan Panjangnya

Sejarah panjang perjalanan bitcoin, tidak bisa dipisahkan dari sejarah panjang perjalanan sistem pembayaran elektronik online dimasa sebelumnya. Ada begitu banyak pengembangan sistem pembayaran elektronik yang telah dilakukan. Sebagian besarnya telah banyak yang gagal di tengah jalan, namun menjadi dasar pijakan penting di masa mendatang.

1
73
mengurai sejarah bitcoin

Sejarah Bitcoin Tak Lepas Dari Sejarah Sistem Pembayaran Elektronik

Mempelajari sejarah Bitcoin, tidak bisa terlepas dari sejarah panjang Sistem pembayaran elektronik. Namun bagi banyak orang proses yang begitu panjang itu tertimbun dengan kondisi saat ini, kita Bitcoin sudah banyak dikenal dan populer diperbincangkan.

Bagi yang optimis dengan Bitcoin, beranggapan bahwa dengan Bitcoin secara fundamental akan mampu merubah sistem pembayaran yang ada selama ini. Dari sisi ekonomi dan bahkan politik di seluruh dunia. Sebaliknya bagi yang pesimis terhadap Bitcoin, menganggap penggunaan Bitcoin cukup berpotensi untuk runtuh dan jatuh.

Perbedaan dan silang pendapat maupun pro kontra itu setidaknya terjadi karena satu hal mendasar. Tidak lain karena masih banyak yang tidak mengerti tentang Bitcoin. Termasuk juga dalam memahami secara pasti cara kerjanya.

Dengan pertimbangan yang lebih komprehensif, tentu proses itu tidak dapat dilalui tanpa melihat pada proses di masa lampau. Penelusuran tentang Bitcoin jelas tidak mungkin bisa terlepas dari proses sejarah yang melatar belakangi perjalanan Bitcoin tersebut. Hingga nantinya akan berujung pada pemahaman, dan mengetahui betapa uniknya Bitcoin.

Sejarah Bitcoin Dan Relasinya Dengan Sistem Pembayaran Elektronik

Lantas apa relasinya antara Bitcoin dengan Sistem Pembayaran Elektronik? Tentu sudah banyak diketahui, bahwa Bitoin pertama kali diperkenalkan dalam Whitepapernya dengan judul “Bitcoin: Sistem Pembayaran Tunai Elektronik Berbasis Peer-to-Peer“.

Satoshi Nakamoto sendiri tentunya sudah banyak mengetahui bagaimana latar belakang sistem pembayaran elektronik saat itu, termasuk juga masa-masa sebelumnya.

Sebelum Bitcoin muncul, sudah ada begitu banyak upaya yang telah dilakukan guna membangun sistem pembayaran elektronik. Faktanya dari sebagian besar upaya dan percobaan itu banyak menemui jalan buntu. Bahkan tidak sedikit pula yang gagal dan jatuh. Sebagai contohnya seperti e-cash, maupun kartu kredit yang berbasis teknologi.

Namun, dari begitu banyaknya usaha yang telah dilakukan sebelumnya ada juga beberapa yang masih dapat bertahan. Mungkin hanya ada satu yang masih bertahan dan sudah cukup dikenal banyak orang, yakni PayPal. Masih bertahan sampai saat ini karena PayPal terus dan cepat berkembang dari aslinya. PayPal berawal dengan menggunakan ide sistem pembayaran elektronik berbasis kriptografi pada perangkat telepon genggam.

tabel sistem pembayaran elektronik dan proposalnya

Banyak hal bisa diambil pelajaran dari sejarah panjang sistem pembayaran elektronik tersebut. Lantas, dari mana ide tentang Bitcoin? Bagaimana teknologi seperti bitcoin dapat bertahan jika percobaan dan upaya-upaya sebelumnya gagal dan berguguran? Inovasi dan perkembangan apa yang dibutuhkan agar bisa berhasil dan bisa mampu dikomersialkan?

Maka tidak heran, ketika banyak orang yang pada akhirnya memberikan apresiasi atas penemuan Bitcoin. Dunia juga dapat memetik pelajaran yang cukup berharga. Saat ini dunia telah memiliki sebuah mekanisme sistem pembayaran elektronik yang mampu bekerja secara baik. Nyata, dan bisa diaplikasikan secara instan, langsung ke internet. Dari sistem pembayaran elektronik inilah sejarah bitcoin berangkat.