Salah Satu Penambang BCash Capai Hashrate Lebih Dari 50 Persen

Salah Satu Penambang BCash Capai Hashrate Lebih Dari 50 Persen

Altcoin News
October 29, 2019 by adi
355
Salah satu penambang di BCash, bisa mendapat 80 block baru hanya dalam rentang waktu 1 hari. Peristiwa ini kemungkinan terbesarnya karena penambang tersebut memiliki daya komputasi lebih dari 50 persen.
Penambang BCash

BitcoinMedia – Penambang BCash. Salah satu postingan di forum Reddit menunjukkan bahwa ada salah seorang penambang BCash (Bitcoin Cash) bisa mencapai hashrate lebih dari 50% tertanggal 24-25 Oktober lalu.

Dari address yang terpantau milik penambang tersebut adalah qqq9v3hhl0vga8w5cts6dx5aa8xep2v2ssvppp5xcn. Selama 24 jam terakhir dari pertama dipantau pada pukul 10 pagi waktu itu, penambang yang dimaksud berhasil memperoleh 80 block baru hanya dalam tempo 1 hari.

penambang Bcash
Address penambang BCash, berhasil memperoleh 80 block baru hanya dalam 1 hari.

Jika diamati dari transaksi Coinbase untuk block baru yang diperoleh itu, secara umum berurutan dalam rentang jarak waktu yang cukup dekat. Kisaran perbedaan waktu antar block itu berkisar kurang lebih 2-5 menit saja.

block bcash
Perolehan block baru bcash dalam 24 jam terakhir pada tanggal 24-25 Oktober.

Hal tersebut tentu saja merupakan sebuah celah tersendiri bagi Bcash (aka Bitcoin Cash), sebutan untuk kloningan baru Bitcoin saat itu. Jika salah seorang penambang bisa memperoleh daya lebih dari 50% pada ekosistem pertambangan, maka jelaslah bahwa jaringan itu kian terpusat, bukan lagi merupakan jaringan terdesentralisasi.

Meskipun, sejak awal inisiatif memunculkan BitcoinCash sendiri sudah banyak diketahui dilatar belakangi oleh kepentingan beberapa perusahaan-perusahaan besar. Seperti Bitmain, Roger Ver, dan beberapa yang lain seperti juga FakeToshi (aka Craig Wright). Lambat laun, pentolan BCash pun akhirnya terpecah, Craig Wright kemudian membuat kloningannya sendiri lagi bernama BSV.

Peristiwa penambang dengan daya komputasi lebih dari 50% itupun mendapat kritik dari Tuur Demeester. Menurutnya, “Pasar BCash sama sekali tidak memiliki nilai fundamental. Hanya mencoba menarik keuntungan singkat dari popularitas yang ada melalui mesin-mesin gilingnya,” tulisnya.Tentu saja komentar analis sekaligus pendiri Partner Adamant Capital ini cukup beralasan. Sampai saat ini dominasi pasar kripto oleh BTC kian tinggi sebesar 67,6%. Umumnya ketika harga Bitcoin naik tajam, maka pasar altcoin lain termasuk kloningan Bitcoin seperti Bcash dan lainnya mencoba untuk mengambil keuntungan yang sama.

Add a comment