Kalah Sidang, Craig Wright Dicap Penipu Oleh Hakim

Kalah Sidang, Craig Wright Dicap Penipu Oleh Hakim

News
August 27, 2019 by adi
284
Hakim Bruce Reinhart dalam perkara Craig Wright vs David Kleiman memutuskan menolak seluruh kesaksian Craig Wright. Putusan hakim dalam perkara tersebut secara eksplisit telah menyebut Craig Wright sebagai seorang penipu. Craig Wright (Faketoshi) diharuskan menyerahkan kepemilikan 50% Bitcoin dari perkara sejak 2018 itu kepada pihak Kleiman.
Craig Wright Dicap Penipu Oleh Hakim

BitcoinMedia – Craig Wright Dicap Penipu. Dalam sidang akhir sengketa antara Kleiman Vs Craig Wright yang sudah berlangsung sejak tahun 2018, hakim Bruce Reinhart di Distrik Selatan Florida memutuskan menolak kesaksian Craig Wright.

Penolakan kesaksian  tersebut sekaligus dengan memberikan putusan bahwa Craig Wright harus memberikan 50% total dana dari kasus itu kepada pihak David Kleiman. Informasi ini didapatkan dari salah seorang peserta sidang dalam kasus tersebut.

Hakim Bruce Reinhart menolak seluruh kesaksian Craig Wright karena telah memberikan sumpah palsu, memberikan dokumen palsu di pengadilan. Penolakan kesaksian itu secara jelas oleh hakim dalam perkara itu secara jelas menunjukkan bahwa Craig Wright dicap penipu di pengadilan.

Dalam perkara yang sudah berlangsung sejak setahun lalu, pihak David Kleiman mengajukan gugatan kepada Craig Wright karena telah dianggap mencuri ratusan ribu Bitcoin setelah meninggalnya David Kleiman di bulan April tahun 2013.

Pada kasus sengketa hutang-piutang antara kedua belah pihak ini, sebenarnya lebih terkesan terjadi antara Faketoshi (sebutan untuk Craig Wright) vs David Kleiman. Kedua belah pihak ini, pernah dalam satu kongsi yang bernama “Tulip Trust”.

Sementara Craig Wright sendiri, dengan bersusah payah dengan segala tipu dayanya untuk memberikan klaim dan bukti-bukti palsu untuk menunjukkan dirinya sebagai pemilik nama pseudonym Satoshi Nakamoto. Seluruh upaya pembuktian tersebut dengan begitu mudah dibantahkan. Dari sekian banyak hasil analisis berbagai pihak dari komunitas Bitcoin mampu menunjukkan kebohongan klaim sepihak tersebut.

Bahkan, di bulan Februari tahun ini WikiLeaks juga mengulas Craig Wright dan menyebutnya sebagai seorang “Serial fabricator”. Puncak kebohongan yang dilakukan oleh Craig Wright adalah ketika dirinya muncul dengan klaim hebohnya pertama kali di tahun 2016 silam.

Saat itu, Craig Wright berupaya memberikan penandatangan key yang sebenarnya hanyalah palsu belaka. Faketoshi, terbukti hanya memanipulasi penandatangan key tersebut dari sebuah hash transaksi yang pernah dilakukan di tahun 2009.

Seluruh dokumen palsu yang pernah dipalsukan, pernah didokumentasikan secara khusus oleh komunitas Bitcoin pada sebuah halaman di Github bernama “Cult of Craig”.

Craig Wright Harus Membayar Denda 50% Bitcoin Pada Kleiman

Dalam putusan akhirnya, Hakim Reinhart meminta agar Craig Wright menyerahkan 50% dari total nilai yang diperkarakan kepada pihak David Kleiman. Sekaligus beserta hak kekayaan intelektual yang terkait dengan piranti lunak Bitcoin.

Dalam hal ini, ada putusan yang sedikit bernilai bias. Lantaran betul tidaknya kedua belah pihak antara David Kleiman dan Faketoshi sendiri masih tanda tanya besar. Pasalnya, perkara itu semula hanyalah terkait dengan persoalan hutang piutang belaka.

Saat sidang akhir itu, Craig Wright dicap penipu oleh hakim dengan ditolaknya seluruh kesaksiannya. Sedangkan putusan yang terkait dengan hak cipta Bitcoin bukanlah serta merta diputuskan kepada pihak David Kleiman. Penyebutan hakim terkait hak cipta tersebut seakan menyatakan David Kleiman sebagai Satoshi Nakamoto. Padahal hal itu masih sebuah tanda tanya besar yang belum terjawab.

Terkait dengan jumlah 50% Bitcoin yang harus diserahkan kepada Kleiman, jika memang benar adanya, pastilah Craig Wright sendiri akan kesulitan untuk memenuhi hal itu. Jelas, karena semua bukti kepemilikan Bitcoin oleh Craig Wright dalam dokumen di pengadilan itu adalah dokumen palsu belaka.

Pada kelanjutan sidang di bulan Juni lalu, Craig Wright bahkan bermain drama sampai menangis di pengadilan. Faktanya, dalam sidang tersebut saat itu, Craig Wright tidak bisa memberikan bukti kongrit sesuai yang diminta pengadilan.

Saat itu, pengadilan meminta seluruh address Bitcoin yang dimiliki oleh Satoshi Nakamoto. Sedangkan dalam dokumen yang pernah masuk di pengadilan, seluruh address Bitcoin yang dimasukkan bukanlah milik Satoshi, melainkan banyak berasal dari address penambang Bitcoin lain, di masa-masa awal.

Sejumlah opini yang berkembang, kemungkinan besarnya Craig Wright nantinya akan menjual sekian banyak BSV (Bitcoin SV – Kloningan versi Bitcoin bikinan Craig Wright) untuk memenuhi denda tersebut.

Jameson Lopp, salah satu pengembang Bitcoin menyatakan hal itu dengan cukup beralasan. Tidak lain, karena Craig Wright sendiri pun jelas-jelas cukup disangsikan memiliki key address milik Satoshi Nakamoto. Yang ada tidak lain melalui tiruan versi Bitcoin di BSV. Sehingga besar kemungkinannya denda itu akan dibayarkan dengan menjual seluruh BSV yang dimiliki.

(gambar: Lukisan Faketoshi dari Kertas Toilet karya PascalBoyArt).

Add a comment