Kementerian Transformasi Digital Ukraina baru merilis dokumen tentang manivesto atau pernyataan terkait pandangan terhadap aset digital kripto. Dokumen tersebut dipublikasikan resmi dua hari lalu (7/2/2020) melalui situs Kementrian dan Komisi Transformasi Digital Ukraina.

Berdasarkan publikasi resmi itu, penekanan pihak Kementerian Transformasi Digital Ukraina tidak akan menerbitkan regulasi pertambangan cryptocurrency di Ukraina. Pasalnya Kementerian Transformasi Digital Ukraina cukup mengetahui bahwa Bitcoin dengan konsensus Proof of Work berjalan secara terdesentralisasi. Konsensus atau aturan dasar jaringan Bitcoin tersebut tidak memerlukan pengawasan atau intervensi pemerintah.

Dalam hal ini, pejabat Ukraina mengetahui betul bahwa teknologi blockchain Bitcoin yang bersifat terbuka dan terdesentralisasi berdasar pada protokol yang open-source. Hal tersebut memungkinkan jaringan bitcoin diakses secara terbuka, menggunakan cabang-cabang ilmu kriptografi, dengan konsensus secara sosial dan demokratis.

Atas dasar itu, pertambangan cryptocurrency untuk jenis kripto yang terdesentralisasi tetap didukung penuh. Pernyataan resmi pada dokumen itu dinilai sejalan dengan program pemerintah. Terutama dalam hal pembentukan dan implementasi kebijakan negara di bidang digitalisasi untuk menghadapi ekonomi digital.

Seperti dalam hal inovasi digital, e-government, e-demokrasi, pengembangan informasi untuk masyarakat, menciptakan partisipasi dan pengembangan aset digital, blockchain, tokenisasi, serta kecerdasan buatan. Teknologi blockchain dari Bitcoin sudah membuka seluruh ruang-ruang tersebut.

“Kami tetap setia pada kegiatan pertambangan yang menjadi bagian jaringan terdesentralisasi dan terbuka. Penambangan tidak membutuhkan pengawasan dari otoritas pemerintah atau regulasi pihak ketiga lain. Aktifitas ini diatur oleh protokol itu sendiri beserta klien di dalam jaringannya.”

Lebih jauh, Kementerian Transformasi Digital Ukraina juga menyatakan, “Kami mendukung inovasi apapun yang menggunakan teknologi digital ini. Meskipun sebagian tidak diatur, dan atau tidak ditentukan oleh hukum nasional. Kami akan membuat sandbox guna proses evaluasi dan implementasi, pengujian pasar, serta manajemen resiko.”

Penilaian Terhadap Cryptocurrency, Ukraina Jadi Yang Terdepan

Pernyataan sikap Pemerintah Ukraina dalam dokumen tersebut menjadi pioner bahkan untuk negara-negara maju. Selama ini, khusus yang satu ini sebagian besar otoritas pemerintahan di dunia cenderung menutup diri sampai hal yang lebih spesifik tentang ekosistem pertambangan Bitcoin dan Cryptocurrency.

Bagi perusahaan mining farm, mungkn tetap bisa berjalan, namun kalau sampai diatur secara resmi Ukraina menjadi yang pertama. Umumnya, kebijakan-kebijakan terkait Bitcoin dan cryptocurrency cukup banyak menjadi sebuah beban bagi pegiat startup baru.

Seperti harus menyesuaikan dengan aturan anti pencucian uang, KYC / AML. Ambil contoh saja seperti di beberapa negara, China, AS, Rusia. Di beberapa negara bagian AS semisal Seattle, justru mengambil kebijakan yang kontradiktif. Seatle membebani industri pertambangan dengan biaya listrik yang berlebihan.

Di China sendiri, pemerintah juga berupaya untuk menyudutkan industri pertambangan melalui regulasi-regulasinya. Namun belakangan, regulasi mulai melunak di China sejak tahun 2019. Hal itu terkait dengan rilis resmi Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional China (NDRC), saat menghilangkan poin industri pertambangan kripto yang sebelumnya masuk dalam kategori dilarang. Meskipun demikian, belum ada regulasi yang secara spesifik terkait pertambangan cryptocurrency.

Bitcoin dan Cryptocurrency di Ukraina, Sekarang Cukup Berbeda

Dinamika politik dan ekonomi di Ukraina sudah cukup lama berjalan berliku. Perekonomian di Ukraina juga sempat jatuh bangun ketika terjadi pecah perang antara pemerintah Ukraina dengan pemberontak pro-Rusia.

Dalam hal adopsi Bitcoin dan cryptocurrency di Ukraina, kota Kiev menjadi kota yang paling bersejarah. Sempat dilanda krisis berkepanjangan, mata uang ukraina, Hryvnia jatuh terperosok sejak awal tahun 2015 silam.

Karena dalam situasi krisis tersebut, sebagian rakyatnya yang sudah mengenal Bitcoin mulai berkecimpung dalam dunia cryptocurrency. Sebut saja satu nama seperti Oleksii Mushak, yang kemudian mulai menambang Bitcoin sejak masa gelombang demonstrasi masal Euromaidan berkecamuk di tahun 2014.

Baca Juga: Bagaimana Peran Bitcoin di Ukraina

Lebih jauh, Oleksii ternyata masuk menjadi salah satu anggota parlemen di Ukraina. Oleksii Mushak, menjadi anggota parlemen termuda di Ukraina. Adopsi Bitcoin sejak masa-masa itu mulai tumbuh. Sebagian besar Bitcoin dibelanjakan untuk membeli makanan, sampai baju besi untuk melindungi diri dari pasukan Yanukovych.

Peran Oleksii Mushak juga kian meluas. Dirinya menjadi anggota parlemen pertama yang mendeklarasikan aset Bitcoin dan cryptocurrency lain di Ukraina. Regulasi-regulasi terkait dunia kripto pun mulai digagas. Termasuk tentang adanya pajak penghasilan untuk aset digital kripto sebesar 5%.

Kementerian Transformasi Digital Ukraina Dibentuk

Masa-masa kelabu perjalanan dunia Bitcoin dan Cryptocurrency di Ukraina bisa dikatakan sudah berubah drastis. Terutama ketika pemerintah Ukraina membentuk Kementerian Transformasi Digital pada tahun 2019.

Tepatnya, Kementerian baru untuk urusan transformasi digital ini diresmikan pada tanggal 29 Agustus 2019 yang lalu. Kementerian tersebut dibentuk dari Kabinet Ukraina yang dipimpin oleh Perdana Menteri Oleksiy Honcharuk. Menteri Transformasi Digital Ukraina yang diangkap pertama kali adalah Mykhailo Fedorov.

Fungsi kementerian baru di Ukraina itu untuk menyiapkan dalam menghadapi ekonomi digital. Proyek yang ditargetkan diberi nama “State in a smartphone”. Latar belakangnya, bahwa di tahun 2024 nanti, seluruh layanan pemerintah Ukraina harus tersedia secara online. Komposisinya, 20 persen layanan pemerintah harus bisa berjalan secara otomatis. Tanpa ada campur tangan pejabat manapun di Ukraina.

Berlanjut di bulan September 2019, Kementerian Transformasi Digital Ukraina juga mengadopsi regulasi terkait dengan transformasi digital dalam menapak era ekonomi digital. Lebih jauh, lembaga kementerian inilah yang paling bertanggung jawab dalam urusan pengembangan dan eksplorasi transformasi digital di Ukraina.


  • Terakhir diperbarui 10/02/2020: Semula dituliskan Kementrian Transformasi Digital Ukraina akan meregulasikan resmi pertambangan cryptocurrency. Yang benar adalah Kementerian Transformasi Digital Ukraina tidak akan meregulasikan pertambangan kripto, karena Bitcoin bersifat terdesentralisasi, mampu berjalan mandiri berdasarkan konsensus yang terdesentralisasi.